ADM dan Komunitas ’99 Sambangi Korban Kebakaran Gogagoman

0
530

KOTAMOBAGU,DETOTABUAN.COM – Prihatin dengan keadaan korban kebakaran Gogagoman, Minggu (30/7) kemarin, anggota DPR RI Aditya Didi Moha (ADM) bersama komunitas angkatan 99 SMA N I Kotamobagu, menyambangi posko penampungan 25 kepala keluarga di Puskesmas Gogagoman.

 

Tiba dilokasi, ADM dijemput ratusan warga, selain itu hadir pula Wakil Walikota Kotamobagu Drs. Jainuddin Damopolii, SKPD terkait dan Lurah Gogagoman Vanny Pudul.

 

“Bantuan ini merupakan hasil pengumpulan yang dilakukan oleh seluruh teman-teman yang tergabung dalam Communitas 99,” ujar putra sulung Marlina Moha Siahaan (MMS) itu.

 

ADM berharap, meski tidak seberapa, namun bantuan tersebut bisa meringankan beban para korban. “Semoga keikhlasan kami bisa bernilai di mata Allah, serta dapat meringankan beban sesama saudara kita yang belum lama ini tertimpa bencana,” kata dia.

 

Pada kesempatan itu, salah satu perwakilan warga bernama Opan, berharap, anggota DPR RI ini dapat memperjuangkan nasib mereka, untuk kembali mendapatkan tempat tinggal yang layak dan juga kebutuhan seragam sekolah anak-anak mereka.

 

ADM berjanji, akan mengkoordinasikan permintaan tersebut dengan pihak Pemkot Kotamobagu. “Kami coba koordinasikan ini secara berjenjang, apakah merelokasi mereka ke Rusunawa atau pembangunan tempat tinggal baru, kami akan minta PUPR melakukan pendataan,” kata putra sulung MMS itu.

 

Ditempat yang sama, Wakil Walikota Kotamobagu, Drs. HI Jainuddin Damopolii mengatakan, saat ini pemkot sedang berupaya merampungkan Rusunawa Gogagoman, agar secepatnya bisa ditempati 25 KK yang kehilangan rumah serta seluruh harta benda pasca kebakaran itu.

 

“Solusi pemkot, memindahkan mereka ke rusunawam karena kalau pembangunan tempat tinggal baru, itu hanya tanah sewa, bukan milik korban, sambil menunggu perampungan fasilitas air di rusunawa, kita coba pindahkan mereka ke gedung SKB,” kata Wawali.

 

Anggota DPRD dari Fraksi PAN, Beggie Chandra Gobel mengatakan, hari ini (senin) rencananya DPRD Kota Kotamobagu, akan mengeluarkan rekomendasi penempatan 25 KK ke Rusunawa Gogagoman.

 

“Memang Rusunawa itu belum secara resmi diserahkan ke Pemkot, apalagi sesuai perda Rusunawa, harus ada retribusi, namun karena ini Force major, maka itu dimungkinkan,” kata politisi PAN itu.

 

Lurah Gogagoman, Vanny Pudul merinci, akibat tragedi kebakaran itu, ada 25 kepala keluarga yang kehilangan tempat tinggal, sementara 9 rumah lainnya rusak ringan.

 

“Selain 21 rumah, ada 1 musholah dan 1 sepeda motor, tidak banyak yang dapat diselamatkan warga, total kerugiaan mencapai ratusan juta rupiah, namun alhamdullilah tidak ada korban jiwa,” kata Pudul. (Tio)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.