Bupati Bolmut Canangkan GSM Tingkat Kabupaten

0
430

BOLMUT – Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Depri Pontoh, secara resmi mencanangkan Gerakan Sulut Menanam (GSM) Tingkat Kabupaten, bertempat di Pantai Kuala Utara Kecamatan Kaidipang, Sabtu (28/11) kemarin.

Kegiatan ini merupakan tindaklanjut dari Instruksi Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Sony Sumarsono. Dimana, sebelumnya Jumat 27 November kemarin, Bupati juga mencanangkan Gerakan Bersih Kuala (GeBeKa).

Dalam sambutannya Bupati mengatakan, melalui kegiatan ini diharapkan akan lebih membangkitkan semangat, motivasi dan membudayakan masyarakat dalam menanam serta memelihara pohon untuk membangun ekosistem hutan di wilayah Provinsi Sulut, terlebih khusus di Kabupaten Bolmut.

“Dampak dari pemanasan global telah kita rasakan bersama, kondisi cuaca yang ekstrim, terganggunaya sistem tata air daerah aliran sungai, serta bencana kekeringan yang baru dialami beberapa waktu yang lalu,” ujar Bupati.

Ia menjelaskan, kegiatan GSM ini merupakan upaya nyata yang harus didukung, karena dapat bermanfaat dalam mencegah terjadinya bencana banjir dan tanah longsor saat musim penghujan, serta mencegah terjadinya kebakaran hutan saat musim kemarau. “Dengan ekosistem alam yang terjaga dengan baik, akan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Bupati.

Bupati juga mengajak seluruh masyarakat dapat kembali bersama-sama menyukseskan GSM ini dengan melakukan penanaman pohon yang dimulai dari Pesisir Pantai Desa Kuala Utara.

“Diharapkan dengan pelaksanaan kegiatan GSM ini akan dapat memulihkan kerusakan sumber daya hutan, sekaligus membangun budaya sadar untuk selalu menanam, menjaga dan memelihara pohon oleh seluruh komponen masyarakat. Sehingga lingkungan hidup kita tetap berperan sebagai penyangga sistem kehidupan alam dan sumber kesejahteraan masyarakat, terutama masyarakat Pedesaan yang menjadi salah satu prioritas pembangunan di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara,” tukas Bupati.

Diketahui, sebelumnya Pemerintah dan masyarakat setempat, berhasil melaksanakan beberapa kegiatan terkait dengan kepedulian dan tanggungjawab mensukseskan program GSM, diantaranya kegiatan penanaman pohon di pesisir pantai Tanjung Sidupa dan Penanaman Satu Milyar Pohon Tahun 2014, dimana Pemkab Bolmut berhasil mendapatkan penghargaan Juara di tingkat Provinsi Sulawesi Utara.

Hadir dalam kegiatan ini diantaranya, Unsur Forkopimda, Ketua TP-PKK Dra. Hj. Ainun Pontoh-Talibo, Para Asisten, Sekda, Staf Ahli Bupati, Pimpinan SKPD dan ASN serta Para Pelajar. (Rez)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.