Suriansyah Korompot Hadiri Hari Infanteri TNI AD

0
488

BOLMUT,DETOTABUAN.COM – Jumat,(19/12) Wakil Bupati Bolaang Mongondow Utara SURIANSYAH KOROMPOT, SH menghadiri Upacara Hari Infanteri TNI AD Tahun 2015 yang bertempat di Lapangan Inomasa Bintauna.

Peringatan Hari Infanteri dengan tema “Dilandasi Semangat Yudha Wastu Pramuka, Kita Tingkatkan Profesionalisme, Militansi dan Soliditas Bersama Rakyat Sebagai Landasan Kekuatan Bela Negara” berlangsung hikmad. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Kol. Inf. ARYO PRAWISESO Pasi Intel Korem 131 Santiago.

Amanat Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jendral TNI MULYONO yang dibacakan oleh Pasi Intel Korem 131 Santiago mengingatkan kembali apa yang disampaikan oleh Presiden RI dan Panglima TNI pada peringatan Hari TNI ke-70 5 Oktober 2015 yang lalu, yakni TNI adalah Rakyat dan Rakyat adalah TNI serta Rakyat Indonesia adalah Ibu Kandung TNI.

Kasad menyampaikan bahwa Hari Juang Kartika (Hari Infanteri) yang kita peringati hari ini juga terkait erat dengan salah satu peristiwa bersejarah tentang kebersamaan nyata TNI AD dengan rakyat. Pada tanggal 15 Desember 1945, di kota Ambarawa Jawa Tengah, Para pejuang pendaulu TNI AD bahu membahu bersama rakyat mempertahankan setiap jengkal tanah dari ancaman musuh yang ingin menjajah kembali bumi pertiwi.

Ketika itu, pasukan Tentara Keamanan Rakyat dibawah Pimpinan Kolonel Soedirman sebagai Komandan Divisi V Banyumas, berjuang bersama-sama rakyat untuk mengusir tentara Sekutu dari Ambarawa. Dengan persenjataan sederhana dan sarana seadanya, namun disertai semangat juang yang tinggi, keuletan, keberanian, sikap rela berkorban dan pantang menyerah, akhirnya mampu menghadapi pertempuran sengit itu, dengan hasil yang gemilang.

Episode perjuangan yang kemudian dikenal dengan Palagan Ambarawa inilah yang kemudian ditetapkan sebagai tonggak Hari Juang Kartika. Pelagan Ambarawa telah menjadi tonggak sejarah perjuangan TNI AD dalam melindungi keselamatan bangsa, menegakkan kedaulatan Negara, serta menjaga keutuhan NKRI.

Dari peristiwa heroik ini kita mendapatkan teladan nyata dari para pahlawan bangsa tentang bagaimana menjalankan setiap panggilan tugas Negara. Semangat juang seperti inilah yang selayaknya terus digelorakan dalam jiwa dan ditanamkan dalam hati sanubari setiap prajurit TNI AD.

Usai pelaksanaan Upacara, Wakil Bupati Bolaang Mongondow Utara menyerahkan hadiah utama Pemenang perlombaan yang digelar dalam rangkaian peringatan Hari Infanteri TNI AD Tahun 2015.

Upacara dihadiri oleh DANDIM 1303 Bolaang Mongondow Letkol. Inf. SAMPANG M. SIHOTANG, Perwira Penghubung Kodim 1303 Bolaang Mongondow Mayor DICKY R. WENAS, Pimpinan SKPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Camat dan Sangadi se-Kabupaten Bolaang Mongondow Utara serta Para Prajurit TNI AD dan Polri.

 

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.