Program Reboisasi di Sediakan Pemkab Bolmong

0
373
BOLMONG,DeTOTABUAN.COM-Akhir-akhir ini kerusakan hutan di Bolaang Mongondow (Bolmong) yang disebabkan sejumlah faktr. Baik faktor alam maupun ulah manusia, kini menjadi perhatian serius Pemkab.
Guna mengurangi luas hutan yang rusak, Pemkab Bolmong menyiapkan program reboisasi.

Menurut Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Bolmong, Imran Nantudju.

“Itu akan dilakukan. Sebab saat ini ratusan hectare (Ha) kawasan hutan di Bolmong telah rusak, sehingga perlu adanya penanganan serius. Dari catatan kami, ada beberpa titik yang sering terjadi longsor. Itu karena struktur tanahya tidak kuat lagi karena tumbuhan kayu-kayu penyangga sudah tidak ada lagi,” katanya.
Dalam setiap kesempatan, pihaknya juga berupaya memberikan pemahaman kepada warga agar tidak melakukan perambahan hutan, termasuk mengambil kayu bakar. apalagi, memanfaatkan kawasan hutan lindung sebagai tempat bercocok tanam.
“Program reboisasi sangatlah penting dilakukan saat ini. Kami meminta warga untuk melibatkan diri dalam menjaga dan memelihara hutan,” ujarnya.
Katanya, dampak kerusakan hutan sangat berbahaya. Jika kerusakan hutan di daerah hulu terus terjadi, maka air hujan yang turun langsung masuk ke aliran sungai dan menimbulkan erosi. Akibatnya, terjadinya pendangkalan di beberapa titik sepanjang daerah aliran sungai (DAS).
“Itu bahaya buat daerah di hilir,” terang Nantudju (dk)
Editor : Octav Singal

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.