Eyang : Semua Balita Harus Diimunisasi

0
403

BOLTIM,DETOTABUAN.COM–Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sehan Landjar SH (Eyang), membuka secara resmi Pencanangan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Tahun 2016 bertempat di Desa Kotabunan Selatan, Kecamatan Kotabunan, Selasa (8/3).

Bupati yang didampingi Ketua Darma Wanita Boltim Ny. Nursiwin Dunggio, menteteskan vaksin polio kepada sejumlah anak di bawah lima tahun (Balita). Alasan Desa Kotabunan Selatan dipilih sebagai tempat pencanangan PIN karena Desa ini memiliki jumlah Balita yang cukup banyak, sekitar 80 balita.

Dalam sambutannya, Bupati menyarankan kepada para orang tua untuk memberi imunisasi anak-anaknya agar tumbuh sehat, kuat dan cerdas, baik secara fisik dan mental.  Bupati mengatakan, kegiatan pemberian imunisasi polio serentak terhadap semua balita mulai dari umur 0 sampai dengan 59 bulan, ini merupakan salah satu sasaran pembangunan negara. Tujuannya agar seluruh generasi tidak mudah terserang penyakit terutama kelumpuhan.

“Kegiatan pemberian imunisasi ini bertujuan untuk memutuskan rantai penularan Polio di Seluruh Indonesia dan meningkatkan kekebalan Balita.” Terang Bupati.

Di tahun 2014 persentase balita yang mendapat imunisasi mencapai 100%, kemudian ditahun 2015 menurun di angka 87%, sehingga ditahun ini Bupati berharap semua balita dapat diimunisasi. “PIN merupakan Gerakan Nasional dan tanggung jawab kita semua. di Kabupaten Boltim sasaran PIN meliputi 6.401 Balita dan harapan saya semua bayi atau balita tersebut harus diberi imunisasi tanpa memandang status imunisasinya.” Ucap Bupati.

Kepala Dinas Kesehatan Eko Marsidi, SKM. ME pula mengatakan, pelaksanaan PIN ini berlangsung dari tanggal 3 sampai 15 maret. Tentu bagi ibu-ibu yang mempunya anak balita di bawah 5 tahun untuk menghubungi pos PIN di masing-masiang desa.

“Pastikan anak-anak kita sudah di Imunisasi, sebab ini sangat penting buat balita. Nah waktunya sangat cukup yaitu sampai tanggal 15 maret, untuk itu saya mengajak ibu-ibu yang belum sempat membawa balitanya, agar secepatnya menghubungi pos PIN yang ada di masing-masing Desa, semua tenaga perawat sudah kami siapkan untuk membenrikan vaksin polio.” Terang Marsidi.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, sejumlah Pimpinan SKPD terkait, Anggota DPRD, Unsur Forkopimda, Camat, Sangadi, serta undangan lainnya. (Win)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.