Kartini FPMIK Gorontalo Refleksikan Kebangkitan Emansipasi Perempuan

0
395
Kartini-kartini FPMIK Cabang Gorontalo Saat turun Melakukan Aksi Memperingati Hari Kartini ke 137

GORONTALO, DETOTABUAN.COM – Memperingati Hari Kartini ke 137 yang jatuh setiap tanggal 21 April, Kartini-kartini Forum Pelajar Mahasiswa Kotamobagu (FPMIK) Cabang Gorontalo turun ke jalan, dan melakukan aksi membagikan bunga, pembacaan puisi serta orasi untuk perjuangan wanita Indonesia.

Aksi yang dilakukan sekitar pukul 14.00 WITA dengan tema ‘Refleksi Kebangkitan Emansipasi Perempuan’ tersebut, dipusatkan di gerbang Kampus Universitas Negeri Gorontalo (UNG) Kampus I. Setelah sebelumnya berkumpul di Gerbang Kampus dan melakukan long march dengan rute jalan Pandjaitan, sebelum kembali ke Gerbang Kampus.

”Kartini-kartini FPMIK hari ini masih memiliki semangat perjuangan Ibu Kartini yang tertanam di jiwa kami sebagai wanita Indonesia,” tegas Rhyn Kobandaha, Koordinator aksi saat dihubungi detotabuan.com via telepon genggam.

Lanjut, Rhyn pun mengingatkan agar kasus kekerasan dan pelecehan terhadap perempuan, harus diperangi. Mulai dari ranah domestic (rumah tangga), hingga ranah publik yang menunjukkan begitu tidak amannya kaum perempuan untuk berekspresi.

“Begitu banyak dasar hukum untuk melindungi perempuan, namun masih saja terjadi kasus-kasus kekerasan dan pelecehan terhadap perempuan. Karena itu, kami pun berharap agar Kartini-kartini modern bisa menjaga semangat perjuangan dan memperjuangkan hak-hak perempuan-perempuan Indonesia,” pungkas Rhyn. (im)