Telan Ponsel, Pria Ini Harus Dioperasi

0
441
(ilustrasi)

IRLANDIA, DETOTABUAN.COM – Kejadian yang cukup unik terjadi di Irlandia. Alih-alih menelan koin atau benda kecil lainnya, seorang pria berusia 29 tahun tak sengaja menelan Ponsel. Hingga harus dilarikan ke ruang gawat darurat, dan menjalani operasi untuk mengeluarkannya.

Hasil pemindaian sinar X, menunjukkan ponsel telah masuk ke lambung pria malang itu. Dan tidak beranjak keluar dari sistem pencernaan bersama kotoran, setelah para Dokter awalnya memutuskan menunggu selama 18 jam.

Setelah percobaan berikutnya dengan gaistrointestinal endoscopy, yakni tehnik mengeluarkan benda asing dari sistem pencernaan menggunakan pipa fleksibel dengan kamera di ujungnya, juga gagal. Terpaksa para Dokter memutuskan harus menjalankan bedah laparotomy yang merupakan pilihan terakhir, karena hanya 1 persen dilakukan untuk kasus benda asing tertelan.

“Ponsel yang tertelan sampai lambung, mungkin tidak bisa dikeluarkan dengan aman menggunakan alat edoscopy yang tersedia saat ini,” tulis para Dokter dalam laporannya, Rabu (11/05) sebagaimana dikutip dari Livescience.

Pria malang tersebut, akhirnya bisa meninggalkan rumah sakit beberapa pekan setelah operasi, dan tidak dilaporkan ada gejala lanjutan dalam pemeriksaan 4 bulan kemudian. Diketahui, kasus ini dilaporkan dalam International Journal of Surgery Case Report edisi April 2016. (dtk/udi)