Hama Padi ‘Serang’ Dumoga, Pemerintah Diminta Turun Tangan

0
521
Hama Padi ‘Serang’ Dumoga, Pemerintah Diminta Turun Tangan
Persawahan di Dumoga

BOLMONG,DETOTABUAN.COM – Petani sawah di wilayah Dumoga Raya, dikejutkan dengan adanya jenis hama baru perusak buah, hal ini membuat jengkel para petani. Pasalnya, tidak lama lagi mereka memasuki masa panen.

Kuat dugaan, hama yang menyerang padi warga dumoga adalah jenis hama ketupluk atau kepinding tanah, Serangga ini mudah dijumpai saat bulan purnama, dengan bau yang sangat menyengat (Busuk).

Sejumlah warga mengeluh, mereka mengaku sangat dirugikan. “Hama ini merusak padi yang mulai menguning, kami pun dibuat keropotan untuk menanggulangi ini,” ungkap Jerry warga Dumoga, Selasa (21/06/2016) tadi.

Dirinya berharap, Pemerintah bisa mencarikan solusi serta memberikan pemahaman cara penanggulangan hama yang sudah merusak sebagian persawahan di dumoga raya ini. “Kami berharap bisa diperhatikan oleh Pemkab Bolmong lewat instansi terkait,” keluhnya.

Anggota DPRD Bolmong Robby Giroth meminta Pemkab segera merespon keluhan petani, jangan sampai ketika ini dibiarkan terjadi gagal panen.

“Ini harus diperhatikan oleh instansi terkait minimal berikan penyuluhan akan cara mengantisipasi pemberantasan hama yang sudah meresahkan petani yang ada,” kata Giroth, sembari menambahkan, selaku wakil rakyat dari Dapil Dumoga, dirinya akan terus memperjuangkan keluhan warga ini. (tr2)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.