Jadi CPNS, Tenaga Penyuluh Harus Miliki SK Menteri

0
387
Ilustrasi
BOLMONG,DETOTABUAN.COM –  Peluang menjadi abdi negara lewat jalur Pegwai Negeri Sipil (PNS) kian terbuka bagi tenaga penyuluh Pertanian Bolaang Mongondow (Bolmong) yang belum terangkat. Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Karir Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Bolmong, Yanny Pudul kepada Detotabuan, Kamis (15/09).
“Bolmong mendapat jatah enam kursi CPNS untuk formasi penyuluh pertanian. Syaratnya, penyuluh pertanian yang sudah mengantongi SK Menteri Pertanian,” katanya.

Dia menambahkan, proses pendaftarannya dilakukan secara online.

“Formasi tersebut hanya dibuka enam orang saja,” ujarnya.
Penyuluh pertanian yang diangkat berusia maksimal 35 tahun. Para penyuluh ini diwajibkan mengikuti tes menggunakan sistem computer assisted test (CAT) dengan mengikuti jadwal dari pemerintah pusat.

Terpisah, Kepala Bagian (Kabag)  Hubungan Masyarakat (Humas) Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Rafiah Dilapanga mengatakan, keberadaan penyuluh pertanian sangat vital dalam mengawal dan mendampingi petani.

“Peran penyulu pertanian sangat penting guna memastikan penerapan teknologi maju yang direkomendasikan, penumbuhan dan pengembangan kelembagaan petani, membangun kemitraan dengan pelaku usaha, akses terhadap modal,” jelasnya.
Prasarana dan sarana pertanian serta pasar, sehingga bermuara pada peningkatan produktivitas dan produksi.

“Kita berharap enam kursi CPNS untuk tenaga penyuluh pertanian ini semuanya terisi dan juga kita berharap penyuluh lain bisa diakomodir untuk ikut tes tanpa melihat usia, karena mereka juga sudah mengabdi,” imbuhnya. (Tr-02/eds)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.