Korban Bencana di Bolmut Segera Terima Bantuan

0
370
Korban Bencana di Bolmut Segera Terima Bantuan
Aang Wardiman
BOLMUT, DETOTABUAN.COM  – Warga korban musibah bencana alam yang terjadi beberapa waktu lalu, di Kabupaten Bolmut, yang menimpa dua Desa yakni Desa Binjeita dan Desa Sonua, tidak perlu risau lagi dengan belum adanya bantuan. Pasalnya dalam waktu dekat pihak Pemkab akan segera mengucurkan bantuan bagi warga di dua desa yang tertimpa musibah angin puting beliung dan banjir.

Hal ini dikatakan langsung Kepala Dinas DPPKAD Bolmut, Aang Wardiman, ia mengatakan, untuk anggaran bantuan terhadap kedua Desa yang tertimpa musibah di ambil dari rekening belanja tak terduga. sementara total anggaran yang tertata pada Dokumen Pelaksana Anggaran (DPA) pada rekening belanja tak terduga sebesar Rp. 1,5 Milliar.

“Untuk dana bantuan bencana alam sekira Rp 1 Milliar, dan sisanya Rp. 500 Juta, nantinya diperuntukkan bagi belanja tak terduga lainnya. Cetusnya.

Diungkapkan Wardiman, dari total anggaran untuk bencana alam Rp. 1 Milyar tersebut Rp. 700 Juta, akan disalurkan untuk korban Bencana Puting Beliung yang ada di Desa Binjeita dan sisanya akan disalurkan ke korban banjir didesa Sonuo.

“Penyaluran bantuan untuk korban bencana Angin Putting beliung di Desa Binjeita sedang dalam proses pencairan dari rekening Kas daerah, paling lambat pekan ini bantuan tersebut sudah dapat dicairkan,” Ujarnya.

Ia menambahkan, DPPKAD nantinya hanya berwenang pada proses pencairan bantuan. Untuk penyalurannya akan ditangani langsung oleh instansi terkait dalam hal ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

“Bantuan yang akan disalurkan nanti, sesuai dengan mekanisme, berupa bantuan dalam bentuk barang, yakni Semen, Seng maupun bahan penunjang untuk perbaikan rumah,” pungkas Wardiman.

Sementara itu, Aleg DPRD Bolmut, Abdul Eba Nani, ketika dimintai tanggapan Detotabuan.com Minggu (6/11) berharap, proses pencairan dan penyaluran Bantuan tersebut agar secepatnya direalisasikan, mengingat warga korban bencana sangat membutuhkan bantuan yang sebelumnya telah dijanjikan pada anggaran perubahan ini. (Eky)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.