Miliki Stok Beras, BPK Optimis Cegah Kerawanan Pangan Saat Bencana

0
394
Ilustrasi

 

BOLMONG,DETOTABUAN.COM – Badan Ketahanan Pangan (BKP) Bolaang Mongondow (Bolmong) menjamin stok pangan pemerintah aman sampai awal tahun 2017. Hal ini sesuai dengan pernyataan Kepala BKP Bolmong Imi Manangin. Jumat, (04/11).
“Ya, hal ini juga mencegah situasi kondisi dimana ketika ada bencana alam , saat ini kita masih menyimpan 40 ton beras di Dinsos,” jelasnya.
Manangin menambahkan, diakhir tahun pihaknya lagi akan ketambahan bantuan dari pusat terkait stok beras.
“Kemungkinan ada ketambahan lagi 100 ton di minggu terakhir Desember 2016,” tambahnya.
Lanjutnya, pihaknya sangat yakin terkait keberadaan baham pangan, karena menurutnya, saat ini masih ada wilayah di Bolmong yang masih melakukan panen padi.
“Apalagi di daerah Dumoga, masih ada yang  panen, walaupun bukan panen raya. Artinya stok beras digilingan masih ada,” terangnya.
Untuk saat ini Bolmong harus segera memiliki gudang Pangan.
“Tahun depan kita akan usahakan. Kita kan daerah lumbung beras, seharusnya ada gudang pangan. Tetapi gudang pangan ini masih bersifat kecil yang seharusnya kapasitas 100 ton, tapi kita akan buat dulu sekitar 15 ton,” ujarnya.
Terkait dengan kesiapan wilayah rawan pangan dan wilayah rawan bencana pihaknya sudah memetakan beberapa daerah.
“Sehingga hal ini akan mempermudah pihak Pemkab Bolmong dalam melakukan penyaluran bantuan pangan. Selain itu saat ini di wilayah Bolmong yang selalu mendapatkan bantuan beras raskin hampir 250 ton dalam perbulan sedikit membantu kebutuhan pemerintah daerah,” pungkasnya. (FFM)

 

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.