Ilustrasi Hewan Ternak

DETOTABUAN.COM, BOLTIM –  Memasuki musim panca roba atau musim penghujan Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menghimbau kepada warga khususnya perternak hewan besar (sapi/kambing) supaya menjaga ternaknya.

Sebagaimana yang disampaikan Kepala Dispertanak Boltim Ramlah Mokodompis melalui Kepala Seksi Kesehatan hewan (Keswan) Rahman Mokodompit, Hewan ternak rentan sekali terserang penyakit baik disebabkan oleh perubahan musim ataupun dikarenakan tularan penyakit.

“Salah satu penyakit yang datang pada musim penghujan untuk sapi adalah penyakit demam, gejalahnya napsu makan hewan berkurang, suhu badannya mencapai 38degC. Jika para peternak melihat sapi seperti ini, paling aman segera laporkan, kami akan turun langsung untuk memeriksa dan memberi pengobatan,” katanya.

Begitu juga dengan kambing di musim penghujan ini tidak sedikit yang terkena penyakit kembung. “karena udara yang dingin dan kadar air dari pakan rumput terlalu banyak sehingga mengakibatkan kambing sakit perut, diare dan juga banyaknya nyamuk yang berpotensi menularkan penyakit,” kata Rahman.

Untuk itu, guna menghindari hal-hal diatas cegah dengan menjaga hewannya, “jaga kebersihan hewan kebersihan kandang harus diperhatikan. Pencegahan lebih baik dari pada mengobati,” tuturnya. (TN/Fery)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.