DPRD Gelar Paripurna Istimewa HUT ke-63 Kabupaten Bolmong

0
554

ADVERTORIAL – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Kamis (23/03/), menggelar Rapat Paripurna Istimewa dalam rangka Peringatan HUT Ke-63 Kabupatean Bolmong dan Pengumuman Hasil Penetapan Pasangan Calon Bupati dan wakil Bupati terpilih periode 2017-2022. Rapat Paripurna Istimewa ini langsung dipimpin oleh Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling dan dihadiri oleh seluruh Pimpinan dan Anggota DPRD.

Dalam sambutannya, Ketua DPRD memngajak seluruh elemen masyarakat untuk memaknai momentum HUT ini dengan menjaga persatuan dan kesatuan untuk memberikan yang terbaik demi Pembangunan Kabupaten Bolaang Mongondow yang lebih Hebat kedepannya.

Paripurna istimewa ini dirangkaikan dengan pengumumkan calon Bupati dan wakil Bupati terpilih berdasarkan surat masuk dari Komisi Pemilihan Umum daerah (KPUD).

Politisi PDIP ini mengatakan, penetapan pengumuman calon terpilih nantinya akan segera ditidaklanjuti DPRD dengan melayangkan surat resmi ke kementrian dalam Negeri (Kemendagri) melalui Gubernur Sulawesi Utara untuk di agendakan jadwal pelantikan Kepala daerah hasil pemilihan .

Sementara itu Pj. Bupati Adrianus Nixon Watung dalam sambutanya menyampaikan, rapat paripurna ini menjadi sangat istimewa, ketika seluruh komponen masyarakat di kabupaten bolaang mongondow, baik itu pemerintah, pihak swasta serta segenap elemen masyarakat yang ada, mampu mengingat dan mengevaluasi bahwa setiap waktu yang telah kita lewati dengan penuh perjuangan, demi perwujudan cita-cita bersama untuk mencapai kehidupan dan masa depan kabupaten bolaang mongondow yang lebih baik lagi.

Dimana rentang sejarah 63 tahun pemerintahan kabupaten bolaang mongondow, para tokoh pemimpin dan pejuang telah berkarya dan bekerja keras bertekad membangun daerah ini ke arah yang lebih baik, demi mencapai kesejahteraan masyarakat kabupaten bolaang mongondow.

“Kita patut berbangga dan memberikan penghargaan yang tulus, atas jasa dan pengabdian para pemimpin terdahulu, yang telah berjuang demi pembangunan dan kemajuan daerah, termasuk kepada seluruh komponen masyarakat yang ada di kabupaten bolaang mongondow. Apabila kita cermati kondisi perekonomian dua tahun terakhir di kabupaten bolaang mongondow, berdasarkan indikator produk domestik regional bruto, terlihat semakin baik, hal ini dapat dilihat dari laju pertumbuhan ekonomi untuk dua tahun terakhir mengalami peningkatan, dari 5,1 % pada tahun 2014, kemudian meningkat menjadi 5,7 % pada tahun 2015,” terangnya.

Hal ini kata dia, diikuti oleh capaian produksi beras yang terus meningkat setiap tahunnya, dimana pada tahun 2016 lalu, sebanyak 300.000 ton gabah kering panen, atau sebanyak56 % dari total produksi beras di provinsi sulawesi utara, dan tetap menyandang predikat daerah lumbung beras di provinsi sulawesi utara. Dimana capaian tersebut merupakan implementasi dari berbagai program pembangunan di bidang pertanian, antara lain program cetak sawah baru yang pada tahun 2016 lalu, seluas 1970 hektar sehingga saat ini kabupaten bolaang mongondow mempunyai lahan persawahan produktif seluas 16.000 hektar.

“Untuk lahan tanaman jagung pada tahun 2016, seluas 57.401 hektar dengan lahan produktif seluas 31.367 hektar, yang mampu menghasilkan sebanyak 250.000 ton jagung kering panen,” kata Watung.

Sementara kata dia, sektor kelautan dan perikanan, produksi ikan hasil tangkapan pada tahun 2016 lalu ditargetkan sebanyak 8.202 ton, dan di akhir tahun 2016 produksi ikan hasil tangkapan, melebihi dari target yang telah ditetapkan yaitu 8.274 ton.

Dalam bidang kesehatan, capaian angka harapan hidup, yaitu 71,38 tahun dan ini melampaui target rencana pembangunan jangka menengah daerah.

Begitupun dari segi investasi dan penanaman modal, pemerintah kabupaten bolaang mongondow bersama-sama dengan dprd kabupaten bolaang mongondow, telah banyak menghadirkan investor yang telah menanamkan investasinya di kabupaten bolaang mongondow, yang mampu membuka peluang dan lapangan kerja bagi masyarakat kabupaten bolaang mongondow.

Dalam bidang pembangunan melalui dana APBD kabupaten bolaang mongondow tahun anggaran 2016, sebesar rp. 1.021.677.435.168,-. Demikian pula dari segi pendapatan asli daerah, pada tahun 2016 lalu ditargetkan sebesar rp. 46.408.712.500,-dengan realisasi sampai dengan akhir tahun anggaran 2016 sebesar rp. 47.075.423.696,-melebihi dari target yang telah ditetapkan.

Disamping berbagai keberhasilan dan kemajuan pembangunan, tentunya masih ada hal-hal yang perlu disempurnakan, baik dari segi kebijakan, program maupun kegiatan. Untuk mencapai hal tersebut, harus dilakukan sinergitas pembangunan dalam berbagai tingkatan pemerintahan, mulai dari tingkat desa sampai dengan pemerintah tingkat pusat, demikian pula keterlibatan jajaran pemerintah kabupaten bolaang mongondow, dengan dprd kabupaten bolaang mongondow dan seluruh komponen masyarakat yang mempunyai peranan penting, dalam menunjang keberhasilan pembangunan. Rapat paripurna istimewa pada hari ini juga.

Tak lupa, atas nama pribadi, keluarga serta atas nama pemerintah dan masyarakat kabupaten bolaang mongondow menyampaikan Watung menyampaikan ucapan selamat kepada ibu Dra. Yasti Soepredjo Mokoagow dan bapak Yanny Ronny Tuuk, STh, MM, yang telah ditetapkan sebagai pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bolmong terpilih, periode tahun 2017-2022.

“Saya juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh komponen masyarakat di kabupaten bolaang mongondow, yang telah berperan aktif dalam mensukseskan pilkada dengan tetap menjaga stabilitas keamanan dan suasana yang kondusif, dan juga kepada jajaran polri dan tni serta berbagai pihak terkait, sehingga pelaksanaan pilkada kabupaten bolaang mongondow, dapat terselenggara dengan sukses,” kata Watung.

Dirinya juga memberikan apresiasi kepada Ketua dan komisioner KPUD kabupaten bolaang mongondow dan jajarannya, ketua dan anggota Panwaslu Kabupaten yang telah sukses menyelenggarakan Pilkada Kabupaten Bolaang Mongondow yang beradab, beradat dan bermartabat.

“Terima kasih juga saya sampaikan kepada seluruh ketua dan pengurus partai politik yang secara tidak langsung telah memberikan pelajaran berpolitik yang baik kepada masyarakat,” tutupnya. (ADV/Tio)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.