20 Aleg Bolmut Ikut Bimtek

0
153

ADVERTORIAL – Sebanyak 20 anggota DPRD Kabupaten Bolmut, Senin (12/6) tadi, mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) akuntabilitas kinerja dan fungsi pengawasan DPRD terhadap siklus anggaran daerah dan PAD, bertempat di Lumire Hotel and Convention Centrem, Jakarta.

Ketua DPRD Bolmut, Karel Bangko, SH mengatakan, Bimtek ini sangat penting karena menyangkut pelaksanaan prinsip tata kelola pemerintahan yang baik (good governance). Sehingga, terselenggaranya pemerintahan yang bersih, berwibawa dan bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme.

“Tata kelola pemerintahan yang baik didasarkan pada prinsip transparansi, partisipasi dan akuntabilitas.dalam penyelenggaraan pemerintahan, baik pemerintahan pusat maupun pemerintahan daerah akan mendorong masyarakat turut aktif dalam proses pembangunan,” ujar Politisi Golkar ini.

Bangko Juga Menambahkan, Hasil pembangunan (outcome) yang telah dilaksanakan oleh pemerintah, akan mampu di pertanggungjawabkan (di-akuntabilitas-kan) oleh pemerintah kepada masyarakat.

“Pada posisi inilah masyarakat (rakyat) akan menilai apakah pemerintah mampu mengemban amanah yang diberikan rakyat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat. Akuntabilitas, pada akhirnya, akan meningkatkan kredibilitas pemerintahan serta kepercayaan masyarakat yang tinggi kepada pemerintahan,” ujarnya lagi.

Karena itu kata dia, DPRD sebagai salah satu unsur penyelenggara pemerintahan di daerah, wajib dan perlu untuk mempertanggungjawabkan akuntabilitas kinerjanya kepada masyarakat. DPRD yang terdiri dari para anggota DPRD yang diberikan amanah oleh rakyat secara langusng melalui pemilihan umum legislatif, seyogyanya menjadi contoh dalam praktik akuntabilitas kinerja ini.

“Melalui pertanggungjawaban dan akuntabilitas kinerja ini, kepercayaan masyarakat kepada para wakilnya akan meningkat, sehingga pada akhirnya rakyat akan kembali memberikan amanah perwakilannya kepada para anggota DPRD untuk menyuarakan aspirasi masyarakat dalam penyelenggaraan pemerintah serta mengawasi kinerja pemerintah dalam melaksanakan pembangunan untuk menyejahterakan rakyat,” tutupnya. (Amor)