Gubernur Jangan Diamkan Bolmong Dalam Kondisi Ketidakpastian

0
963
Firasat Mokodompit
Firasat Mokodompit

(Oleh : Firasat Mokodompit, SE , Pemerhati Sosial Politik)

Pasca penetapan Bupati Bolaang MONGONDOW oleh Kapolda Sulut sbg TERSANGKA kasus Pembongkaran MESS KARYAWAN tanpa IMB milik Conch Cement di Inobonto satu/ Solog,  berbagai lapisan masyarakat Mempertanyakan penetapan TSK tersebut kok seperti Rakyat biasa lakukan, pelanggaran dan ditetapkan sebagai tersangka ?

(Baca berbagai tanggapan masyarakat Bolmong di Medsos)

 

Lepas dari persoalan Pidana yg menjadi Focus Lidik tim Polda, kenapa sama sekali tidak ada pertimbangan kapasitas Bupati sebagai Administrator/ Kepala Daerah / Kepala Pemerintahan/ perpanjangan tangan, pemerintah provinsi yg melekat juga  pada jabatan Bupati se bagai Penegak Aturan,  pelaksana undang-undang dan menjalankannya.aturan berdasarkan Perda dan aturan UU Nerlaba di RI tercinta ini.

 

Lebih miris lagi pernyataan Kapolda bahwa penetapan TSK ini sesuai arahan Presiden ?

http://www.republik.in/2017/07/pol-terkait-penetapan-tsk-bupati.html?m=1

Setahu kami bahwa arahan Presiden itu, agar melindungi para Investor dan diperintahkan untuk mempermudah Perizinan !! Jelas bahwa izin menjadi Attensi khusus presiden, harus lengkap jangan dipersulit pemerintah daerah. Jadi kewenangan itu di berikan Presiden untuk Kepala Daerah lokasi Investasi dan Investor harus patuhi dan mengikuti Aturan terkait Regulasi yg ada di Indonesia sebagai daerah tujuan Investasi, itu arahan Presiden

 

Terkait Conch Cement- sudah dua tahun Membangun pabrik Surat izin ada ( Sebagaimana Realese ), namun sudah KADALUARSA dan Ada yg Cacat Hukum Lokasi tidak sesuai Objek. Nah apakah Perizinan KADALUARSA dan Cacar Hukum.ini dilihat Penyidik Polda ??? Maka  Kewajiban Conch Cemwnt mengurus kembali termasuk IMB dan ada bbrapa bangunan.tidak.miliki IMB termasuk bangunan Sensitif GEDUNG BAHAN.PELEDAK dimana hingga Kini tak Miliki Izin, termasuk Pelabuhan Khusus 600 meter JETI bangunan hampir selesai namun sama sekali tidak.kantongi izin. Blm.lagi masalah Galian C Jutaan Kubik.masuk tanpa Retribusi Pemasuk- Penyedia ILEGAL SEMUA tanpa tersentuh hukum.

Ditambah Kruiselnya penerimaan pekerja yg juga amburadul, anak lWalikota ngkar tambang dibwrhwntikan, dan.mrk merekrut tenaga diluar bolmong, semua terakumulasi dan.tidak ada sedikitpun jadi.pertimbangan penyidik bahwa  pihak Coorperate lakukan tindakan melawan Hukum Luar biasa yg dilakukan.Conch Cement- Sulenco Cement Solog/ Inobonto satu.

 

Presiden tentu secara umum tegaskan itu.dlm rangka membuka kran Investasi, namun Presiden juga ingatkan tuk patuhi aturan. Hargai daerah tujuan Investasi, hargai pemerintah daerah, bukan sebaliknya pemerintah daerah Menertibkan sesuai Perintah Undang-undang Undang justru Bupatinya ditetapkan Tersangka.

 

Kami menghargai proses hukum, kami menghormati Supremasi Hukum, namun penetapan ini kami merasakan AGAK TIMPANG, kok Bupati Tegakkan Aturan atas Perintah Undang Undang justru dia yg dijadikan.tersangka. dan pihak Conch Cement yg langgar berbagai aturan justru Dibela.

Mana IUP- OP, Mana WIUP, Mana Izin Galian C, mana izin pembangunan Dermaga Khusus JETI, mana semua itu, trus PEMBIARAN inikah juga yg menjadi arahan Presiden ???

 

PERAN GUBERNUR SULUT.

 

Gubernur Sulut Harus Segera Koordinasikan semua permasalahan yg ada terkait Investasi ini, saat ini Conch Cement jalan seperti biasa tidak terbebani dgn Cases yg sedang terjadi, padahal berbagai PERIZINAN nya masih bermasalah !!

Dan pihak Conch Cement  miliki tanggung jawab selesaikan kasus ini sesuai Kesepahaman 8 point yg disepakati.

 

Dalam Statement Gubernur beberapa waktu lalu sempat sampekan semua PERIZINAN Conch Cement aman ??

Yang mana yg aman pak Gubernur !!

Saat ini Bupati kami di jadikan tersangka Karena SIKAP TEGAS BELIAU, Agar ini jadi pelajaran Investor SEBAIKNYA Investasi ini DIHETIKAN SAJA NDAK PERLU ADA DI BOLAANG

MONGONDOW Sesuai kewenangan Gubernur.

 

Kami rakyat Bolmong selama ini tanpa adanya Conch Cement tetap Makan, tetap bekerja dari hasil pertanian tanpa menunggumu MIMPI yang akan diberikan Conch Cement, dan mungkin tanpa Conch Cement Bupati kami tidak jadi Tersangka.

 

Cabut Jo pak Gubernur Investasi ini, banyak rugikan rakyat dan lahirkan.korban Bupati Bertindak Tegas diwilayahnya di daerah Kewenangan nya justru Dipidanakan.

Ndak guna samua ini Investasi jika Bangsa Sendiri Hanya Jadi CECUNGUK CHINA dan Oknum aparat kita justru Bela mereka atas nama Hukum dan arahan presiden ??

 

Pak Gubernur harus Ingat Bolaang MONGONDOW ini daerah ADAT, daerah Religi, daerah PLURAL yg sangat tinggi toleransi Beragama dan KEBERAGAMAN, jgn krn Conch Cement terjadi Instabilitas yg justru merugikan Sulut sebagai daerah Teraman di Indonesia.tanda tanda kesana sudah mulai bermunculan termasuk dari Dumoga yg akan Bakar Pabrik Cement Conch atas KETIDAKADILAN ini.

 

Kami sangat berharap GUBERNUR merespon berbagai Kegalauan masyarakat Bolmong terkait penetapan Tersangka pada Bupati Pilihan Rakyat.

Mohon pak Gubernur buka Medsos dan berbagai Komentar Anggota DPR RI lintas partai yg termuat di media Nasional dan Sulut, yang nyatakan MENYAYANGKAN.PENETAPAN BUPATI BOLMONG YSM sebagai Tersangka.

 

Harapan kami hanya satu, Memohon Kearifan Kapolda Meninjau Kembali Penetapan TSK pada Bupati Bolmong, yang tentu didasarkan pertimbangan Stabilitas, pertimbangan posisi Bupati sebagai Pelaksana Undang Undang dan sebagai Kepala Daerah yg Miliki kewenangan Tegakkan aturan. Dan pertimbangan daerah Adat…..Semoga#

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.