Bela Bupati, Ribuan Warga Bolmong Turun ke Jalan

0
859

BOLMONG,DETOTABUAN.COM – Ribuan warga Bolmong, turun ke jalan saat menggelar aksi solidaritas demo damai, di jalur dua kantor Bupati Bolmong, Lolak, Sulawesi Utara, Senin (31/7) siang tadi.

 

Koordinator aksi, Hamri Mokoagow mengatakan, aksi solidaritas ini sebagai bentuk dukungan terhadap Bupati Bolmong Dra. Hj Yasti Soepredjo Mokoagow, yang menentang operasi perusahaan asing PT. Conch Nort Sulawesi Cement (CNSC) karena tidak taat terhadap aturan.

 

“Kami, rakyat Bolmong turun ke jalan hari ini sebagai bentuk dukungan terhadap ketegasan bupati kami, pemangku adat tertinggi, yang menentang beroperasi perusahaan asing yang tak punya izin,” tegas Hamri.

 

Selain itu kata dia, warga juga meminta Polda Sulut melakukan peninjauan kembali, terkait penetapan status tersangka terhadap Bupati.

 

“Kami juga meminta Polda Sulut meninjau lagi penetapan bupati kami sebagai tersangka, dengan tuduhan merusak fasilitas perusahaan. Apa dilakukan Bupati kami, adalah bentuk penegakan aturan, bentuk konsistensi menjaga tanah leluhur ini dari beroperasinya perusahaan asing tanpa izin,” terangnya.

 

Pantauan media ini, massa yang diperkirakan berjumlah sekitar 2000 an orang itu, berkumpul di pertigaan jembatan kaiya. Sebelum menuju jalur dua kantor bupati bolmong, warga long march menuju PT. Conch North Sulawesi Cement (CNSC) Solog.

 

 

Aksi damai yang berakhir pukul 17.00 wita tadi, dikawal ketat ratusan aparat kepolisian gabungan dari Polres Bolmong, Brimob Inuai, Polres Minsel dan Polda Sulut.

 

(Tio)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.