Sehan Landjar Resmi Buka Kegiatan Jumbara Ke-7 Kabupaten Boltim

0
57
BOLTIM, DETOTABUAN.COM – Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sehan Landjar SH membuka secara resmi kegiatan Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan Pameran Promosi Pembangunan Desa yang ke-7 Kabupaten Boltim, di Lapangan Garuda Desa Nuangan Kecamatan Nuangan, Rabu (27/9).

‎Pembukaan kegiatan ‎yang diprakarsasi PKK Kabupaten Boltim tersebut turut dihadiri Wakil Bupati Boltim Drs Rusdi Gumalangit selaku Wakil Pembina Tim Penggerak PKK, Ketua & anggota DPRD Boltim, unsur Forkopimda Kabupaten, pengurus Tim Penggerak PKK Provinsi Sulut, serta jajaran ASN dilingkup Pemkab Boltim.

Untuk memeriahkan kegiatan, berbagai lomba digelar panitia diantaranya lomba ‎stand pameran yang diikuti 80 Desa untuk menampilkan hasil industri dan potensi desa serta profil dan administrasi pemerintah dan PKK Desa, lomba menu non tepung non beras dari bahan lokal, lomba paduan suara, lomba reagge caca, lomba tarian adat dana-dana, lomba sangadi idol, lomba fashion show lansia dan lain sebagainya.
Bupati Boltim, Sehan Landjar SH mengatakan, Jumbara merupakan agenda tahunan yang akan dijadikan icon bagi kabupaten‎ Boltim dalam rangka pemberdayaan perempuan.
“Kegiatan ini adalah bentuk dari wujud nyata emansipasi wanita dalam ikut mewujudkan pembangunan daerah lewat kegiatan-kegiatan positif,” ucap Landjar yang merupakan Ketua Pembina Tim Penggerak PKK Boltim.
Ia berharap, Jumbara dijadikan ajang menggali potensi sumber daya lokal dan mengembangkan nilai-nilai kearifan lokal untuk selalu bergotong royong dan bahu membahu menopang kemajuan daerah.
“Jadikan kegiatan ini sebagai ajang silaturahmi dan dengan semangat Jumbara dan gotong royong mari kita tingkatkan kebersamaan dalam menggali potensi yang ada disetiap desa untuk mencapai visi dan misi kabupaten,” kata Landjar.
Sebelumnya Ketua Panitia Kegiatan, Titiek‎ Susanti Mamonto mengatakan, tujuan digelarnya kegiatan adalah untuk meningkatkan koordinasi, komunikasi, konsultasi antara para pengurus dan kader PKK antar dasawisma, desa dan kecamatan serta kabupaten.
“Kegiatan bertujuan untuk meningkatkan kebersamaan antara para kader dan pengurus melalui adu kecerdasan, kreatifitas, kemampuan dan keterampilan melalui lomba yang akan digelar panitia,” kata mama Keken sapaan akrab isteri Wakil Bupati Gol tim tersebut.
Adapun waktu pelaksanaan kegiatan, lanjut mama Keken, akan dilaksanakan selama 4 hari dimulai tanggal 27 september dan akan ditutup pada 30 september nanti.
“Kegiatan di pusatkan di lapangan Desa Naungan Kecamatan Nuangan dan akan diikuti 2500 kader PKK se Kabupaten Boltim,” tutupnya. (*/Fhersa)