Hadiri Puncak Peringatan HKN Ke-53 Dinkes Boltim, Wabup: Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku

0
21
Wakil Bupati Boltim, Rusdi Gumalangit Saat Memghadiri Puncak Peringatan HKN Ke-53 Dinkes Boltim, Senin Malam.
BOLTIM, DETOTABUAN.COM – Melalui pendekatan kepada keluarga dimana keluarga menjadi awal untuk mendorong masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat adalah langkah yang tepat dalam menjalankan program nasional yakni Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku.
Demikian dikatakan Wakil Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Rusdi Gumalangit pada acara puncak perayaan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-53, di Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Boltim, pada Senin malam (13/11/2017) tadi malam.
Lanjut dikatakannya, komponen terpenting dalam pencegahan penyakit, selain dipengaruhi kualitas lingkungan serta sarana dan prasarana pelayanan kesehatan.
Perilaku keluarga memiliki dampak yang besar dalam pembentukan perilaku individu & quot.
“Keluarga merupakan pengalaman pertama bagi anak anak. Pendidikan dilingkungan keluarga dapat menjamin kehidupan emosional anak untuk bertumbuh dan berkembang & quot.” Kata Rusdi.
Untuk itu, terus berupaya untuk membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat pada masyarakat khususnya dilingkungan keluarga.
Selain itu program yang perlu didorong yaitu program Gerakan Masyarakat (Germas) hidup sehat.
“Dengan adanya program Germas kita mengajak kerja sama lintas sektor dan lintas program dalam mewujudkan masyarakat untuk berperilaku hidup sehat. Yang pada akhirnya dapat membentuk Indonesia yang sehat. & quot.” Terang Rusdi.
Dengan mendorong program Indonesia Sehat, pendekatan keluarga dan Germas kita telah berupaya membangun kemandirian keluarga dan masyarakat dalam hidup sehat sebagai upaya promotif dan preventif yang dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat sehingga tercipta masyarakat yang produktif.
“Peringatan HKN Ke-53 menjadi momentum sejauh mana keberhasilan pelayanan kesehatan dalam meningkatkan derajat kesehatan bangsa” Ucap Wabup.
Dia berharap dengan adanya program kesehatan yang sudah atau sementara berjalan dapat digunakan sebaik baiknya oleh masyarakat.
“Marilah kita berperilaku hidup bersih dan sehat, selalu mengkonsumsi makanan yang sehat serta berolahraga dan tidak merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol serta menciptakan lingkungan yang sehat.” Harap Rusdi.
Pada kesempatan itu Wabup Rusdi Gumalangit Menyerahkan berbagai piala yang telah memenangkan berbagai lomba yang digelar Dinkes Boltim dan Keluar sebagai juara umum tahun 2017 yakni Puskesmas Buyat. (Fhersa)