Pemkab Boltim Gelar Upacara Peringati Hari Ibu Ke-89

0
608
BOLTIM, DETOTABUAN.COM – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menggelar upacara dalam rangka peringatan Hari Ibu (PHI) ke-89 dan Hari Ulang Tahun (HUT) Dharma Wanita Persatuan ke-18, di Aula Kantor Bupati Boltim, Rabu(20/12). Ketua TP-PKK Boltim Ny. Nursiwin Landjar Dunggio bertindak sebagai inspektur upacara pada kegiatan yang mengusung tema “Perempuan berdaya, Indonesia Berjaya”. ‎

‎Sekretaris Daerah Pemkab Boltim Ir Hi Muhammad Assagaf mengatakan, perempuan memiliki hak dan kewajiban yang sama untuk berpartisipasi dalam setiap aspek kehidupan. ‎
“W‎anita memiliki kedudukan yang sejajar dengan pria sehingga harkat dan martabatnya tidak boleh disepelekan.‎ ‎Dengan adanya Peringatan Hari Ibu menjadi bukti adanya perhatian dan pengakuan akan pentingnya konsistensi perempuan dalam berbagai sektor kehidupan” Kata Sekda.
Tampak Foto Upacara Peringatan Hari Ibu Oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Boltim, Nursiwin Dunggio.
‎Sekda berujar, PHI juga membawa pengaruh pofitif bagi perempuan dan masyarakat yang mendorong untuk selalu menghargai hak-hak perempuan dan menjadi bukti bahwa perempuan apabila diberi peluang dan kesempatan mampu meningkatkan kualitas hidupnya secara mandiri dan dapat bersaing ‎dengan kaum pria.
“‎Harapan saya pada peringatan PHI ke 89 dapat mendorong terciptanya kesetaraan perempuan dan laki-laki pada setiap aspek kehidupan baik dalam keluarga, masyarakat maupun bangsa dan negara,” ujarnya.
‎Sekda menambahkan, organisasi Dharma Wanita Persatuan sudah seharusnya mengambil peran strategis dan berperan aktif dalam pembangunan nasional.
“Peran serta dan partisipasi anggota Dharma wanita persatuan sangatlah penting dalam membantu pelaksanaan program pemerintah di lapangan sehingga tujuan pembangunan nasional bisa terwujud,” tutur Sekda.

‎Mengenai alasan dimajukannya perayaan PHI yang seyogyanya dirayakan setiap 22 Desember, Sekda mengatakan hal itu dilaksanakan mengingat umat kristiani yang akan merayakan Natal.

Sementara, Wakil Ketua TP-PKK Boltim Ny. Titiek Susanti Mamonto me‎ngatakan PHI dimaksudkan agar seluruh warga mewariskan nilai-nilai luhur dan semangat perjuangan yang terkandung dalam sejarah perjuangan kaum perempuan.
Selain itu, berbagai program kegiatan telah dilaksanakan organisasi perempuan di Boltim diantaranya pelatihan pembuatan pupuk organik dan kegiatan Jumbara.
“TP-PKK dibawah kepemimpinan Ketua TP-PKK Ny Nursiwin Landjar Dunggio juga meraih berbagai prestasi antara lain Juara 1 lomba pelaksana terbaik perilaku hidup bersih dan sehat tingkat Provinsi Sulut, Juara 2 Lomba Pemanfaatan Hatinya PKK tingkat Provinsi Sulut, Juara 3 Umum lomba menu B2SK Tingkat Provinsi Sulut dan Juara Harapan 3 lomba festival pangan non tepung non beras tingkat provinsi Sulut,” pungkasnya.
(Att/Humas Boltim)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.