PT ASA Konsultasi Amdal Ke Warga Lingkar Tambang

0
555
Sehan: PT ASA Wajib Sejahterakan Masayarakat Karena Yang di Ambil Emas Bukan “Konga”
BOLTIM, DETOTABUAN.COM – Perusahan tambang emas PT Arafura Surya Alam (ASA) kembali menggelar kosultasi Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) ke masyarakat lingkar tambang Desa Kotabunan Bersatu, Desa Bulawan Bersatu, Kecamatan Kotabunan, Boltim, yang berlangsung di Balai Desa Bulawan Dua, pada Sabtu (9/12/17).
General Manajer (GM) PT ASA, Budi Santoso mengatakan konsultasi Amdal ke publik ini merupakan rangkaian proses kegiatan pertambangan emas PT ASA pada tahap selanjutnya sampai proses produksi nanti. Sehingga sebelum perusahan melangkah, maka perlu dilakukan konsultasi dulu mengenai Amdal ini.
“Ini merupakan salah satu prosedur yang wajib dilaksanakan oleh perusahaan yang wajib Amdal, ” ujar Santoso.
Dia juga berharap, jika nanti pihak perusahan melakukan kesalahan dalam pengolahan Amdal, maka pemerintah daerah yakni Pemkab Boltim harus menegur perusahan.
“Jika terjadi kesalahan dalam pengelolaan Amdal pemeritah berhak menegur kami, ” ungkapnya.
Sementara Bupati Boltim Sehan Landjar selaku pemerintah daerah menegaskan, kehadiran PT ASA di tengah-tengah masyarakat Kotabunan Bersatu dan Bulawan Bersatu mendatangkan keuntungan bagi masyarakat di seputaran lingkar tambang. Selaku Bupati kata dia, sangat mendukung kehadiran perusahan tambang emas diwilayah Kotabunan. Hanya saja, pihak perusahan tentu harus taat aturan.
“Yang ambil perusahan bukan “konga” atau kulit padi, tetapi emas sehingga saya minta perusahan  wajib mensejahterakan masyarakat lingkar tambang yang ada, ” tegas Sehan.
Begitu pula ketika perusahan sudah masuk pada tahap produksi, harus orang Kotabunan Bulawan yang dijadikan tenaga kerja, jangan ambil dari luar.
“Kotabunan dan Bulawan banyak tenaga kerja, jadi perusahan tidak perlu ambil dari luar, ” kata Sehan.
Sehan juga menegaskan pihaknya tidak suka perusahan menggunakan tenaga kerja melalui Outsourcing yakni tenaga kerja tanpa kontrak.
“Saya minta perusahan jangan pakai tenaga kerja  Outsourcing karena itu sangat merugikan pekerja. Selama saya Bupati saya tidak mau itu terjadi. Saya mau perusahan mematuhi aturan saya, karena rakyat adalah segala-segalanya bagi saya, ” tukas Bupati Boltim dua periode ini.(*/Fhersa)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.