Perdana di Sulut, Pemkab Bolmong Luncurkan ATM Beras

0
330
Bupati saat memberikan ATM beras kepada warga penerima. (Foto : Bagian TUP, Humas & Protokol Pemkab Bolmong)

BOLMONG,DETOTABUAN.COM – Tepat di Hari Ulang Tahun (HUT) ke 64. Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Meluncurkan ATM Beras (Anjungan Terima Mandiri Beras) yang merupakan program yang pertama kali diterapkan di Sulawesi Utara.

ATM Beras ini merupakan salah satu Program Prioritas DKP Tahun 2018, sebagai implementasi atas undang undang nomor 18 tahun 2012 tentang penyediaan pangan berbasis tehnologi.

“Program ini merupakan perwujudan amanah undang-undang untuk memenuhi kebutuhan pangan bagi masyarakat yang kurang mampu namun berbasis teknologi menjadikan fungsi kontrol yang aktual, akurat, mudah dan mengedepankan transparansi karena setiap transaksi langsung terinput secara online via internet dan sms database (nama user, jumlah jatah beras, waktu pengambilan)”, ujar Bupati Bolmong, Dra. Hj Yasti Soepredjo Mokoagow.

Selain itu kata Bupati, program ini merupakan bukti nyata kepedulian pemerintah bagi rakyat bolaang mongondow serta mewujudkan transparansi penyaluran karena masyarakat dan pemerintah secara bersama sama melakukan monitoring.

“Pemerintah dari segi aktualisasi data serta masyarakat dapat mengawasi apabila ada masyarakat yang dari segi financial mampu, namun masih mendapatkan ATM Beras itu dapat diketahui,” terang Bupati.

Sementara itu, kepala Dinas Ketahanan Pangan Hasran Tongkukut menjelaskan, sasaran utama pemegang kartu ATM Beras adalah masyarakat penerima manfaat yang nota bene merupakan masyarakat kurang mampu yang belum sempat terdaftar/terakomodir pada program bantuan sosial pemerintah misalnya Rastra dan program serupa lainnya.

“Untuk Validasi dan Verifikasi data dilakukan oleh Bidang ketersedian dan cadangan pangan di Dinas ketahan pangan, Tim kecamatan/kantor Camat bersama kepala desa/sangadi selanjutnya melakukan sinkronisasi data ke Dinas/Badan terkait untuk uji data guna memastikan program yang dimaksud tepat guna,” terang Mantan camat Lolayan ini

“Dalam tahap uji coba, ATM Beras ini baru ditempatkan di ibukota kabupaten tepatnya di Lolak, Nanti jika program ini berhasil maka akan disiapkan di semua kecamatan atau desa yang ada di kabupaten bolaang mongondow,” pungkasnya.

(**)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.