Kotamobagu Terbaik Dalam Perencanaan Pembangunan Daerah di Sulut

0
83

KOTAMOBAGU,DETOTABUAN.COM – Pemerintah Kota Kotamobagu menerima piagam penghargaan dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) usai pelaksanaan kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Provinsi, yang dilaksanakan di Hotel Grand Kawanua International Convention Manado, Rabu (18/4) tadi.

Penghargaan ini diberikan atas keberhasilan Pemkot Kotamobagu dalam Perencanaan Pembangunan Daerah (PPD). Dimana, Pemkot menempati urutan 1 (Satu) sebagai kota terbaik di Sulawesi Utara dalam perencanaan pembangunan tahun 2018.

Kepala Bappeda, Sofyan Mokoginta mengungkapkan, Penghargaan ini diterima setelah melalui penilaian pemerintah pusat dengan melihat tahapan dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2017 yang direalisasikan secara bertahap pada tahun 2018.

“Karena penilaian ini menyangkut RPJMD yang memuat penjabaran Visi dan Misi Kepala daerah serta komitmen kepala daerah apakah dalam pelaksanaan perencanaan betul betul mengacu pada tahapan tahapan yang sudah ada dalam regulasi,” ungkap Sofyan.

Selain itu kata dia, dalam perencanaan pembangunan Pemkot, ada keterkaitan proritas pembangunan Provinsi dan Nasional. Hal ini tak lepas dari arahan dan pengawasan Walikota Kotamobagu, Ir Hj Tatong Bara pada tahun 2017 lalu,” kata Sofyan.

Sementara itu, Sekretaris Kota (Sekot) Kotamobagu, Adnan Massinae mengucap syukur atas penghargaan yang berhasil diraih Pemkot Kotamobagu.

“Tentunya prestasi ini merupakan sebuah kebanggaan bagi Kotamobagu di awal tahun 2018,” ucapnya.

Adnan mengungkapkan, atas keberhasilan ini, Pemkot menjadi perwakikan Provinsi Sulut ditingkat nasional, untuk mengikuti ajang nominasi PPD tahun 2018 yang diselenggarakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS).

“Sejumlah materi sementara kami siapkan untuk proses penilaian tahap IV tingkat nasional, dimana penilaian itu sendiri akan berlangsung dari tanggal 18-21 April, dengan metode presentasi dan wawancara,” pungkasnya.

(**)