Momentum HARDIKNAS 2018, Pemkab Bolmong Berkomitmen Kuatkan Pendidikan dan Majukan Kebudayaan

0
259

BOLMONG,DETOTABUAN.COM – Memperingati Hari Pendidikan Nasional tahun 2018, Pemerintah Kabupaten Bolmong menggelar upacara yang dilaksanakan di halaman kantor Bupati, Rabu (2/5) pagi tadi.

Wakil Bupati Bolmong Yanny R Tuuk, STh, MM bertindak sebagai Inspektur upacara dalam peringatan dengan mengambil tema
“Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”.

Dalam sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy yang dibacakan oleh Wakil Bupati Bolmong, ia meminta seluruh insan pendidik untuk merenungkan kembali korelasi antara pendidikan dan kebudayaan sebagaimana tercermin dalam ajaran, pemikiran, dan praktik pendidikan yang dilakukan oleh Ki Hadjar Dewantara.

“Mari kita jadikan momentum untuk
melakukan muhasabah, mesu budi, atau refleksi terhadap usaha-usaha yang telah kita perjuangkan di bidang pendidikan untuk membuat proyeksi tentang pendidikan nasional yang kita cita-citakan,” ujar Wabup.

Wabup mengatakan, perlunya merenung sejenak untuk menengok Ke belakang, melihat apa yang telah kita kerjakan di bidang pendidikan, untuk kemudian bergegas melangkah ke depan guna menggapai cita-cita masa depan pendidikan nasional yang didambakan sebagaimana termaktub dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003, BAB I, Pasal 1 ayat 2 dan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan akan mempertegas posisi kebudayaan nasional sebagai ruh, pemberi hidup, dan penyangga bangunan pendidikan nasional
kita.

“Kita menyadari, bahwa kondisi ideal pendidikan dan kebudayaan nasional yang
kita cita-citakan masih jauh dari jangkauan. Kita terus berusaha keras memperluas
akses pendidikan yang berkualitas, terus-menerus mengalibrasi praktik pendidikan
agar memiliki presisi atau ketelitian yang tinggi, sesuai dengan tuntutan masyarakat,
lapangan pekerjaan, dan kebutuhan pembangunan,” terangnya.

Meski demikian, Wabup meyakini melalui peningkatan kapasitas, dan profesionalisme guru, kurikulum yang hidup dan dinamis, sarana dan prasarana yang andal, serta teknologi pembelajaran yang mutakhir, menjadi keniscayaan pendidikan kita kedepan.

“Oleh karena itu, secara tulus ingin saya katakan bahwa tidak bisa tidak, pendidikan harus menjadi urusan semua pihak. Semua pihak harus bergandeng tangan, bahu-membahu, bersinergi memikul tanggung jawab bersama dalam menguatkan pendidikan. Kita optimistis bahwa Indonesia memiliki semua hal yang dibutuhkan untuk menjadi bangsa besar dan maju, asal kita bersatu padu mewujudkannya,” terangnya.

Diakhir sambutan, Wabup meminta kepada semua pihak untuk terus ikhlas dan tulus berkontribusi tak kenal henti bagi usaha menguatkan pendidikan Indonesia serta memajukan kebudayaan Indonesia.

“Semoga kita semua dapat menyaksikan Indonesia sebagai bangsa adidaya budaya dengan pendidikan yang kuat,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Bolmong juga menyerahkan Piagam Penghargaan bagi Guru Berprestasi untuk Guru TK, SD dan SMP di Kabupaten Bolmong untuk Tahun 2018.

(Tio)