Tim Gabungan Pemkot Temukan Minuman Kadaluarsa di Indomaret

0
57

KOTAMOBAGU,DETOTABUAN.COM – Tim gabungan dari Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagkop-UKM), Dinas Kesehatan dan Satpol-PP Kotamobagu menemukan minuman dan makanan tak layak konsumsi saat Inspeksi Mendadak (Sidak) disejumlah, Selasa (15/5) tadi.

Di Indomaret Jalan Paloko Kinalang, 10 botol minuman jenis coca cola dan 2 botol fanta masih dipajang padahal sudah expired (kadaluarsa). Sementara di Indomaret Motoboi Kecil dan Motoboi besar juga ditemukan minuman yang kalengnya sudah penyok dan buah yang sudah busuk.

Aray mengingatkan para penanggung jawab toko, agar melakukan kroscek bahan makanan sebelum menjual.

“Kami akan memberikan surat peringatan kepada Supermarket maupun Minimarket yang ditemukan bahan makanan kadaluarsa. Sebaiknya pihak toko harus melakukan kroscek setiap minggu,” tegas Aray.

Sementara, barang-barang yang ditemukan kadaluarsa, langsung disita oleh tim gabungan untuk dijadikan barang bukti.

“Mana yang sudah tak layak jual kita sita. Kalau hanya disimpan di gudang mereka, jangan sampai itu dipajang lagi,” kata Aray.

Aray mengimbau kepada seluruh masyarakat Kotamobagu untuk memeriksa dengan teliti sebelum membeli makanan ataupun minuman di Supermarket maupun pasar pasar tradisional.

“Masyarakat juga harus menjadi pembeli yang cerdas, dengan melihat tanggal kadaluarsanya,” harapnya.

Diketahui selain Indomaret, tim gabungan juga melakukan sidak disejumlah supermarket yang ada di kotamobagu diantaranya Paris Superstore, Alfamaret, Abdi Karya, Dragon Swalayan, Pasar Serasi dan sejumlah pusat perbelanjaan lainnya. (Tio)