Yasti Diundang Kunker ke Bali oleh Kementerian Sekretaris Negara

0
389

BOLMONG,DETOTABUAN.COM – Bupati Bolaang Mongondow Dra. Hj. Yasti Soepredjo Mokoagow Jumat, (01/06/2018) menghadiri undangan resmi dari Kementerian Sekretariat Negara (Kemensekneg) Republik Indonesia melalui Dewan Pertimbangan Presiden(Wantimpres) untuk melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali.

Kunker tersebut berkaitan dengan peninjauan energi terbarukan melalui Tempat Olah Sampah Sementara (TOSS). Dimana untuk pengembangan olah sampah terbarukan dapat menjadikan sumber bahan energi, serta bermanfaat sebagai bahan lainnya yang dapat juga melahirkan energi listrik.

“Saya sangat mengapresiasi dan bangga dengan Kabupaten Klungkung dalam inovasinya mengatasi masalah sampah dengan program TOSS. Ini membuktikan kalau bangsa kita tidak ketinggalan di bidang tehknologi,” terang Bupati.

Dalam kunjungan tersebut, juga dilakukan demontrasi proses pengolahan sampah dari sampah mentah, sampai menjadi pelet sangat sederhana dan waktu yang dibutuhkan juga sangat efisien. Pengokahan langsung dilakukan masyarakat desa setempat.

“Ini membuktikan bahwa Indonesia punya kemampuan untuk membangun industri sendiri dalam mengembangkan energy primer yang ramah lingkungan,” kata Bupati.

Menurut Bupati, TOSS dalam Penerapan program ini akan menyebabkan tidak adanya proses pemilahan. Sampah akan diolah secara langsung melalui proses peuyeumisasi, briketisasi/peletisasi, dan gasifikasi, dengan menggunakan bio aktivator.

“Bisa dibayangkan Dalam tiga hari, bau hilang, dan dalam sepuluh hari volume sampah sudah berkurang. Ini juga akan menghasilkan briket dan pellet yang dapat digunakan sebagai bahan bakar untuk proses memasak dan listrik.l,” terangnya.

Menariknya kata Bupati, mesin yang digunakan untuk mengolah sampah bisa dimodifikasi sesuai jenis sampah yang ada di masing-masing daerah, karena sangat efisien, banyak desa-desa yang berencana membeli mesinnya untuk menangani masalah sampah di Desanya.

“Program TOSS ini kalau tidak diimplementasikan tidak akan bisa diketahui manfaatnya. Sehingga kami berharap, program ini dapat ditindaklanjuti di daerah kabupaten bolaang Mongondow,” pungkasnya.

Hadir dalam agenda Kunker itu, anggota Komisi V DPR RI Nurhayati serta Pjs Bupati Klungkung. (Tio)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.