Desa Bilalang Miliki Potensi Wisata Air Panas

0
186

KOTAMOBAGU,DETOTABUAN.COM,–Desa Bilalang I, merupakan salah satu Desa di Kecamatan Kotamobagu Utara,yang memiliki beberapa tempat wisata untuk menarik dikunjungi.

Selain batu putih malelalang, terdapat objek wisata Air Panas yang konon kata masyarakat setempat adalah akar dari Gunung Ambang yang terletak di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim).

Jarak lokasi Air Panas sekira 1 kilo meter dari pemukiman warga. Hanya dengan berjalan kaki selama 15 sampai 30 menit pengunjung sudah sampai di lokasi Air Panas.

Warga Desa Bilalang I, Herlina Mokoginta, menuturkan, dari cerita warga, Air Panas tersebut merupakan tempat pemandian warga Bilalang pada zaman dahulu.

“Kalau menurut orang tua dulu, air panas ini me rupakan sambungan dari akar Gunung Ambang. Sempat menjadi pemandian warga sekitar, tapi sekarang sudah tidak sehingga tempatnya kelihatan tidak terawat lagi,” tutur Herlina.

Menurutnya, Air Panas itu diyakini sangat bermanfaat untuk kesehatan.

“Biasanya orang tua yang sakit-sakitan datang mandi atau sekadar berendam. Apalagi bagi mereka yang mengalami penyakit kulit,” ujarnya.

Pemerintah Desa Bilalang I katanya, bakal melakukan rehabilitasi dan perbaikan sarana penunjang di lokasi tersebut. Bahkan, lokasi tersebut sudah pernah dikunjungi Pemerintah Provinsi Sulut untuk pengem bangan wisata.

“Waktu itu mereka didampingi Dinas Pariwisata Kotamobagu. Lewat dana desa, kami akan upayakan tempat itu menjadi wisata Kotamobagu. Tentunya dengan membangun sarana dan pra sarana seperti akses jalan dan lainnya,” tandasnya.(*)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.