Tatong Dinobatkan Sebagai Pemangku Adat Tertinggi di Kotamobagu

0
424

KOTAMOBAGU,DETOTABUAN.COM – Walikota Kotamobagu Ir. Hj Tatong Bara, resmi menyandang gelar adat Kolano In Kotamobagu atau pemimpin adat tertinggi di Kotamobagu, sementara Wakil Walikota Nayodo Kurniawan sebagai Lupit in Kolano Kotamobagu.

Penyematan gelar adat tersebut, dilakukan pada upacara adat Podui’an atau penobatan pemangku adat tertinggi di Kotamobagu, serta poponikan Kon Komalig atau menaiki rumah jabatan.

Walikota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara mengatakan, penyematan gelar adat ini merupakan hasil kesepakatan seluruh pemuka adat yang ada di 33 desa dan kelurahan se-Kota Kotamobagu.

“Prosesi adat ini sudah dari dulu, dilalakukan secara turun temurun, ada perbaikan-perbaikan termasuk pakaian dan tata cara yang didalami oleh para budayawan,” ujar Tatong.

Tatong berharap, adat istiadat ini bisa terus dilestarikan, bukan hanya oleh pemerintah namun oleh seluruh elemen masyarakat yang ada di Kotamobagu.

“Karena prosesi adat ini, tidak lepas sebagai satu kesatuan Bolaang Mongondow raya. Secara adat kita satu,” ujar Tatong.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.