Bupati Hadiri Paripurna Penyampaian Nota Keuangan Ranperda APBD Bolsel 2019

0
72

ADVERTORIAL

BUPATI Bolsel Iskandar Kamaru, SPt, Kamis (1/11) tadi menghadiri Rapat Paripurna dalam rangka Penyampaian nota keuangan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Bolsel, Tahun anggaran 2019.

Paripurna ini merupakan tidak lanjut atas penetapan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Tahun 2019, yang telah disepakati bersama dan juga merupakan satu agenda penting tentang tahapan pembahasan APBD 2019 yang terus di genjot.

Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 38 Tahun 2018 tentang pedoman penyusunan APBD TA 2019, Paripurna pembahasan ini akan menjadi dasar bagi Kabupaten Bolsel dalam penyusunan APBD TA 2019.

Dalam penyampaiannya, Bupati Bolsel mengatakan, bahwa pendapatan pada rancangan APBD TA 2019 ditargetkan sebesar Rp. 516.705.711.581.00.

“Sambil menunggu ditetapkannya Peraturan Presiden tentang rincian anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) ada beberapa pos pendapatan yang belum menyesuaikan dengan pagu anggaran, dan pendapatan pada rancangan APBD TA 2019 ditargetkan sebesar Rp. 516.705.711.581.00,” ucap Iskandar.

Sementara itu Untuk Pos belanja dianggarkan sama besar dengan target pendapatan dengan komposisi belanja tidak langsung sebesar Rp 259.123.002.932. dan belanja langsung sebesar Rp 257.582.708.649.

Sebelum menutup sidang paripurna, Ketua DPRD Hi Abdi Van Gobel selaku pimpinan sidang menyampaikan bahwa tahapan selanjutnya yakni pembahasan bersama pemerintah daerah, dan akan dijadwalkan kembali.

Selanjutnya, dalam pandangan umum fraksi, empat fraksi DPRD Bolsel menyatakan menerima RAPBD ini untuk di bahas ke tahap selanjutnya. Masing-masing Juru bicara fraksi antara lain, Fraksi Trisakti PDIP oleh Ruslan Paputungan, Fraksi Gerakan Golkar oleh Hartina S Badu, Fraksi Demokrat oleh Irma Dilapanga dan Fraksi Harapan Pembangunan oleh Salma Mokoagow.

Sekedar informasi Paripurna tersebut dilaksanakan setelah melalui tahapan pembahasan yang ketat antara Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dan seluruh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD),

Paripurna dihadiri oleh Sekretaris Daerah (sekda) Marzanzius Arvan Ohy, para Asisten, Staf Ahli Pemkab Bolsel, staf ahli DPRD Bolsel, para pimpinan OPD, pejabat eselon II, III dan IV, Camat, Kepala Desa/sangadi dan tokoh masyarakat.

(ADVE/Utha)