Diskominfo Lakukan Survey Pemasangan Aplikasi Edupatrol

0
213

KOTAMOBAGU,DETOTABUAN.COM–Rencana pemasangan Aplikasi EduPatrol untuk mengawasi dan mengontrol
aktifitas siswa di sekolah mulai action.

Hal ini ditandai dengan melakukan survei disejumlah sekolah di Kotamobagu yang dilakukan oleh Dinas Kominakasi dan Informatika (Diskominfo) bersama Bank BNI 46, Kamis (15/11/2018).

Kepala Data Center Kotamobagu, Rudy Yuanto Unu mengatakan, survei dilakukan Diskominfo, BNI 46 dan Dinas Pendidikan tersebut, sebagai tindak lanjut pertemuan antara Walikota Tatong Bara dan Bank BNI Kotamobagu beberapa waktu lalu.

“Survei sudah dilakukan hari ini di dua sekolah. Yakni, SMP Negeri 4 dan SD Negeri 2 Kotamobagu. Kartu pelajar siswa sudah terintegrasj sebagai alat keluar masuk sekolah,” ujar Rudy, Kamis (15/11/2018).

Ia menjelaskan, EduPatrol adalah aplikasi Digital School yang menyediakan informasi bagi orang tua untuk memantau aktifitas murid, hasil ujian, pembayaran, jadwal belajar mengajar, guru yang mengajar. Selain orang tua, Walikota, dinas pendidikan dan kepala sekolah juga bisa mengecek aktifitas guru dan murid.

“Dengan disurvei, otomatis digital school di Kotamobagu akan segera terwujud. Survei yang dilakukan antara lain, access gate (gerbang), access door (pintu kelas), jumlah siswa, jumlah guru dan staff, jumlah ruangan kelas,” ujarnya.

Selain itu kata Rudy, lewat program ini, siswa juga bisa berbelanja di kantin sekolah dengan menggunakan kartu pelajar sebagai kartu pembayaran (cashless).

“Pembayaran di kantin sekolah nanti sudah non tunai. Karena kartu pelajar juga sebagai kartu pembayaran di kantin. Pembiayaan program ini yang mulai di implementasikan pada januari 2019, berasal dari CSR BNI 46 Kotamobagu, jadi tidak ada pembiayaan atau anggaran dari pemerintah,” pungkasnya.(*ridel)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.