Pemkab dan DPRD Tandatangani Nota Kesepakatan KUA-PPAS APBD 2019

0
160

BOLMONG,DETOTABUAN.COM –Pemerintah kabupaten Bolmong dan DPRD, Senin (19/11) tadi malam sepakat menandatangani nota kesepakatan Kebijakan Umum Anggaran serta Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Bolmong Tahun Anggaran 2019.

Penandatanganan tersebut dilakukan dalam rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling dan dihadiri Bupati Dra. Hj yasti Soepredjo Mokoagow, Wakil Bupati Yanny Ronny Tuuk, Sth, MM, para anggota DPRD, Sekda Tahlis Gallang, SIP, MM, unsure Forkopimda serta jajaran pejabat yang ada dilingkungan Pemkab Bolmong.

Dalam sambutannya, Bupati Bolmong Dra. Hj yasti Soepredjo Mokoagow mengatakan, bahwa kebijakan umum anggaran merupakan dokumen yang memuat kondisi makro daerah bidang pendapatan, belanja dan pembiayaan, serta asumsi yang mendasarinya untuk periode satu tahun.

Bupati Bolmong Dra Hj yasti Soepredjo Mokoagow saat memeberikan sambutan di Paripurna penantanganan KUA-PPAS APBD Bolmong T.A 2019. (Foto : Bagian Humas TUP & Protokoler/Ebhi Suanggi)

“Kebijakan umum anggaran pendapatan dan belanja daerah disusun dengan tujuan untuk merumuskan antara rencana pembangunan jangka menengah daerah, serta mengatur rincian perkiraan alokasi anggaran, yang merupakan pedoman dalam penyusunan rancangan apbd yang telah disepakati oleh dewan perwakilan rakyat daerah dan pemerintah daerah,” ujar Bupati.

Penyusunan prioritas dan plafon anggaran ini lanjutnya, adalah untuk menetapkan urutan prioritas program dari setiap urusan pemerintahan, serta menentukan plafon anggaran untuk setiap program di masing-masing perangkat daerah, sekaligus sebagai pedoman dalam penyusunan tahapan perencanaan selanjutnya, berupa penyusunan rancangan anggaran pendapatan dan belanja daerah yang telah melewati pembahasan baik internal dewan, maupun antara dprd dengan pihak eksekutif.

“Syukur alhamdulillah, pada hari ini pemerintah kabupaten bolaang mongondow dengan dprd kabupaten bolaang mongondow, bersama-sama menyepakati kebijakan umum anggaran serta prioritas dan plafon anggaran pendapatan dan belanja daerah kabupaten bolaang mongondow tahun anggaran 2019, untuk dijadikan pedoman dalam penyusunan rancangan apbd kabupaten bolaang mongondow tahun anggaran 2019,” terang Bupati.

Penandatanganan KUA-PPAS APBD Bolmong 2019.

Pada ksempatan itu, Bupati juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada pimpinan dan segenap anggota dewan yang terhormat, atas segala upaya dan kerja sama yang baik dalam melaksanakan pembahasan, sehingga pada hari ini dapat kita sepakati dan ditandatangani bersama.

Bupati juga mengimbau kepada pihak eksekutif khususnya tim anggaran pemerintah daerah, serta seluruh perangkat daerah di lingkungan pemerintah kabupaten bolaang mongondow, hendaknya menjadikan dokumen ini sebagai pedoman dan acuan, dalam menyusun rancangan anggaran pendapatan dan belanja daerah kabupaten bolaang mongondow tahun anggaran 2019.

“Dengan adanya dokumen kebijakan umum anggaran serta prioritas dan plafon anggaran pendapatan dan belanja daerah ini, diharapkan akan menghasilkan kinerja bersama yang semakin baik, dalam rangka mewujudkan masyarakat bolaang mongondow yang hebat, sejahtera, adil dan makmur,” pungkasnya.

(Tio)

 

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.