Terapkan Aplikasi EduPatrol, Walikota : Kedepan, Orang Tua Siswa dapat Mengontrol Keberadaan Anaknya Lewat Aplikasi Ini

0
92

KOTAMOBAGU,DETOTABUAN.COM —Pemerintah Kota Kotamobagu, dibawah Kepemimpinan Walikota Ir. Hj. Tatong Bara, terus melakukan berbagai upaya untuk menjadikan Kota Kotamobagu sebagai Kota Cerdas. salah satunya adalah dengan bakal diterapkannya Aplikasi EduPatrol atau Education Parental Control, pada Sekolah, dan kantor SKPD yang ada dilingkungan Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu.

Hal tersebut disampaikan Walikota Kotamobagu, usai menggelar pertemuan dengan pihak PT. BNI Persero Tbk. Cabang Kotamobagu, yang akan bekerjasama dengan pihak Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu, terkait Implementasi Aplikasi Edupatrol di Kota Kotamobagu.

“Dengan adanya Aplikasi EduPatrol tersebut, maka Orang Tua Siswa, nantinya akan dapat mengontrol Perkembangan, maupun Keberadaan dari para Siswa, baik mengenai Jam masuk sekolah, Jam pulang sekolah, Mata pelajaran yang diikuti oleh Siswa, maupun hasil ujian Siswa, melalui Aplikasi EduPatrol yang dapat digunakan hanya dengan menggunakan telepon seluler,” terang Walikota.

Menurut Walikota, Aplikasi EduPatrol tersebut, akan mulai diterapkan pada Tahun 2019 mendatang.

“Para Siswa nantinya akan menggunakan Smart Card, sebagai akses memasuki gerbang sekolah, dan ruang kelas belajar. dan untuk tahap awal rencananya aplikasi EduPatrol tersebut, akan diterapkan pada SD Negeri 2 Kotamobagu, dan SMP Negeri 4 Kotamobagu, termasuk salah satu kantor OPD yang ada dilingkungan Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu,” ujar Walikota.

Sementara itu, Kepala Data Center Diskominfo Kotamobagu, Rudy Yuanto Unu, pihaknya akan segera melakukan Survey ke sekolah dan SKPD yang akan dijadikan sebagai sekolah percontohan untuk penerapan Aplikasi EduPatrol tersebut, untuk menghitung, serta akan membuat daftar kebutuhan Infrastruktur, terkait Implementasi Aplikasi EduPatrol di Kota Kotamobagu.

“Aplikasi tersebut disediakan oleh PT. BNI. Persero Tbk. Cabang Kotamobagu, dan untuk pengelolaannya nanti, akan ditangani langsung oleh Tim IT Diskominfo Kotamobagu,” terang Rudy Yuanto Unu.

Pertemuan antara Pemerintah Daerah Kotamobagu dan pihak PT. BNI Persero Tbk. Cabang Kotamobagu untuk membahas penerapan Aplikasi EduPatrol di Kota Kotamobagu, yang dilaksanakan di Rumah Jabatan Walikota Kotamobagu tersebut, juga dihadiri Kepala Cabang PT. BNI Persero. Tbk, Cabang Kotamobagu, Syahrul Hulima, serta sejumlah pimpinan SKPD dilingkungan Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu. (*)