Bupati Terus Tingkatkan Mutu dan Pelayanan Kesehatan di Kabupaten Bolmong

0
316
Bupati Bolmong Dra. Hj Yasti Soepredjo Mokoagow saat menerima tim akreditasi Kemenkes RI.

ADVERTORIAL

Berbagai upaya dilakukan Pemerintah kabupaten Bolmong untuk meningkatkan mutu dan pelayanan kesehatan di kabupaten Bolmong, diantaranya dengan peningkatan status sejumlah puskesmas.

Pada tahun 2018, tiga dari 17 Puskesmas di alihstatuskan menjadi rawat inap diantaranya Puskesmas Pangian kecamatan Passi Timur, dan Puskesmas Pusian dan Doloduo, kecamatan Dumoga.

“Ketiga puskesmas tersebut statusnya akan ditingkatkan, dari puskesmas rawat jalan menjadi puskesmas rawat inap. Hal tersebut dilakukan oleh pemerintah guna untuk meningkatkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat, sehingga masyarakat dapat mendapatkan pelayanan kesehatan yang intensif, tanpa harus jauh jauh ke rumah sakit,” ujar Plt Kepala Dinas Kesehatan, Sahara Albugis.

Bupati saat menymbut Tim Akreditasi Puskesmas Kemenkes RI di Restoran D’Talaga

Peningkatan status Puskesmas tersebut kata Sahara, merupakan instruksi Bupati Bolmong, Dra. Hj Yasti Supredjo Mokoagow, agar masyarakat Bolmong bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak serta maksimal.

Selain peningkatan status Puskesmas dari rawat jalan ke rawat inap. Pemerintah juga meminta penilaian pihak eksternal yaitu dari Kemenkes RI.

Terbukti, beberapa waktu lalu, Pemkab Bolmong menerima kedatangan tim surveyor akreditasi Puskesmas Kemenkes RI, bertempat di D’Talaga Restaurant.

Tim Surveyor ini rencananya akan melakukan penilaian 3 puskesmas yang ada di Bolmong diantaranya Puskesmas Imandi, Puskesmas Komangaan dan Puskesmas Poigar.

 

Wabup Bolmong Yanny Ronny Tuuk mendampingi tim penilai akreditasi Kemenkes RI di Puskesmas Poigar.

Bupati berharap mudah-mudahan kehadiran Tim Surveyor Akreditasi Puskesmas kali ini akan memberikan angin segar, motivasi serta dapat memberikan bimbingan bagi tenaga medis dan para medis yang ada di puskesmas untuk betul-betul meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Tahun lalu ada 3 puskesmas yang diakreditasi, bahkan Puskesmas Doloduo tahun 2018 ini memperoleh predikat puskesmas terbaik atas hasil akreditasi tahun 2017 lalu, sehingga saya berharap Jajaran Puskesmas Doloduo dapat membagi ilmu dan pengalaman kepada 17 Puskesmas lain di Kabupaten Bolaang Mongondow,” ujar Bupati.

Bupati juga berharap  akreditasi/penilaian puskesmas kali ini bisa memperoleh hasil maksimal atau mendapatkan akreditasi Tingkat Madya.

 

Bupati Bolmong menyerahkan akreditasi Puskesmas hasil penilaian tahun 2017 lalu.

Sementara itu, Wakil Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Yanny Ronny Tuuk mendampingi tim akreditasi Kementerian Kesehatan RI melakukan akreditasi Puskesmas Poigar, Sabtu (08/12/2018).

“Penilaian akreditas ini sangat penting, sebagai pengakuan yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan lewat Badan atau Komisi Akreditasi terhadap fasilitas pelayanan kesehatan seperti Puskesmas, yang dianggap telah memenuhi standar mutu pada manajemen dan layanannya,” ujar Wabup.

(ADV/Tim)

 

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.