Disparbud Bolsel Sukses Gelar Festival Tulude 2019

0
27

ADVERTORIAL

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bolsel, Senin (11/2/2019) tadi, sukses menggelar Festival Tulude yang dilaksanakan masyarakat Nusa Utara di Kecamatan Pinolosian Timur.

Kegiatan yang dipusatkan di lapangan Desa Dumagin A, dihadiri langsung oleh Bupati Bolsel Iskandar Kamaru, SPt, mantan Bupati Bolsel Hi. Herson Mayulu, SIP bersama jajaran pejabat Pemkab Bolsel.

Festival ini merupakan ucapan syukur masyarakat, atas berkat yang mereka dapatkan selama tahun 2018, Bupati yang ditemani Ketua Tim Pengerak PKK langsung disambut dengan tarian Masamper oleh masyarakat Dumagin A.

Dalam kesempatan ini juga Bupati Bolsel menerima Penghargaan dari masyarakat Nusa Utara yang ada di Bolsel ini, yaitu ‘Malambeng Nakoko Lambung’ yang artinya ‘pemimpin yang menyatukan umat’.

 

Bupati dalam sambutanya menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakanya Festival Tulude merupakan ungkapan syukur pada tuhan dan juga Tulude ini mempunyai makna yang jelas.

“Festival tulude merupakan ungkapan syukur pada tuhan, atas perlindunganya di tahun 2018 serta masuk 2019, tulude ini juga mempunyai empat makna yaitu, wahana untuk menjalin hubungan persaudaraan, kemudian syukur berserah kepada tuhan, tinggalkan hal yang tidak dikehendaki tuhan dan berjanji berbuat baik sekaligus menolak bala, dan yang ke empat yaitu sebagai sarana perekat antara pemerintah dan masyarakat,” ujarnya.

Lanjutnya, sesuai dengan daerah Religius Pemerintah sangat menyambut baik kegiatan yang sudah rutin menjadi acara tahunan ini.

Bupati Bolsel Iskandar Kamaru dan Mantan Bupati Bolsel Hi. Herson Mayulu, SIP saat menerima gelar adat dari tokoh adat.

“Momentum yang sarat dengan nuansa religi dan pelestarian budaya seperti ini, patut untuk dilaksanakan, dan kegiatan ini juga di bolsel rutin di laksanakan setiap tahunya dan di anggarkan melalui APBD,” ujarnya lagi.

Bupati juga mengajak masyarakat Bolsel untuk memaknai perayaan adat ini sebagai tempat menjalin kebersamaan dan persaudaraan dalam suatu komunitas yang utuh.

Masyarakat Nusa Utara di Kecamatan Pinolisian saat menghadiri Festival Tulude, Senin (11/2).

“Bolaang mongondow selatan adalah daerah yang kaya akan nilai budaya yang terdiri dari berbagai etnis, yang salah satunya adalah etnis sangihe yang merupakan suatu khasanah budaya dan memiliki nilai-nilai tradisi dan kearifan lokal, maka dari itu marilah kita semua untuk menjaga itu semua, bagaimana caranya, caranya dengan menjaga tali persaudaraan di antara kita,” ungkap iskandar.

Diakhir sambutanya, Bupati mengucapkan terima kasih kepada panitia dan masyarakat yang telah bekerja sama dengan pemerintah untuk mensukseskan Festival Tulude ini.

“Terima kasih kepada seluruh panitia dan masyarakat desa dumagin A yang telah bekerja sama dengan pemerintah untuk suksesnya kegiatan ini, semoga di tahun depan kita bisa bersama lagi di tempat ini,” tutup orang nomor satu dibolsel ini.

Turut hadir dalam kegiatan terebut, Ketua LPTQ Sulut dan Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Sulut Hi. Herson Mayulu, Sip, Ketua DPRD Bolsel Bersama Jajaran, Anggota DPRD Provinsi Sulut Hj. Muslimah Mongilong, Sekertaris Daerah (Sekda) Bolsel, Pimpinan OPD, Ketua Majelis Gembala KGPM, Forkopimda Kabupaten Bolsel, Tokoh adat sangihe dan seluruh masyarakat Nusa Utara yang ada di Bolsel.

(ADVE/Utha)