Hasil Survey Poltracking, PDIP Tempati Posisi Tertinggi untuk Elektabilitas Parpol di Sulut

0
442

SULUT,DETOTABUAN.COM – Baru baru ini salah satu lembaga survei nasional yaitu POLTRACKING Indonesia, merilis hasil survey elektabilitas partai politik di Sulut pada Pemilu 2019.

Dari hasil survei tersebut, menunjukkan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) meraih elektabilitas tertinggi dari total 16 partai peserta Pemilu 2019.

PDIP menempati posisi pertama dengan tingkat elektabilitas 43,2%, diikuti dengan Partai Golkar dengan 9,3% dan Partai Nasdem 5,9%.

Dari survei tersebut menunjukkan PDIP sangat unggul jauh dibandingkan partai-partai lainnya di Sulawesi Utara.

Poltracking menggelar survei menggunakan metode stratified multistage random sampling. Jumlah sampel dalam survey ini adalah 1000 responden dengan margin of error +/- 3.1% pada tingkat kepercayaan 95%.

Populasi survey ini adalah warga negara Indonesia di Dapil SULAWESI UTARA yang sudah mempunyai hak pilih berdasarkan peraturan yang berlaku, yaitu warga yang minimal berusia 17 tahun atau sudah menikah pada saat wawancara,dan bukan anggota TNI/POLRI.

Kendali mutu survey adalah pewawancara lapangan minimal mahasiswa atau sederajat dan mendapatkan pelatihan (workshop) secara intensif di setiap pelaksanaan survei.

Pengambilan data survey (penentuan responden dan wawancara di lapangan) dilaksanakan 14-18 Januari 2019.

Validasi data sampel dilakukan dengan membandingkan karakteristik demografis dari sampel yang diperoleh dari survei dengan populasi yang diperoleh melalui data sensus (BPS) terakhir.

(Sumber : Manadonews)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.