Bupati Dampingi Gubernur, Santuni Korban Tambang Busa Bakan

0
94

BOLMONG,DETOTABUAN.COM – Bupati Bolmong Dra. Hj Yasti Soepredjo Mokoagow, Minggu (10/3) tadi mendampingi Gubernur Sulut, Olly Dondolambey SE, menyerahkan santunan untuk korban musibah Tambang Emas Busa Bakan, yang berlangsung di Gedung Bagasraya Yadika, Kopandakan.

Santunan terebut, diberikan kepada korban baik yang meninggal dunia, luka ringan maupun luka berat yang diserahkan kepada ahli waris, masing-masing menerima Rp 5 juta.

Dari data yang ada, baru sekitar 28 ahli waris yang menerima santunan, sementara sisanya masih menunggu kelengkapan administrasi karena pemberian santunan melalui rekening Bank SulutGo, ke masing-masing ahli waris.

Gubernur mengatakan, pemberian santunan ini, merupakan wujud kepedulian pemerintah terhadap korban Tambang Bakan.

“Kejadian ini bukanlah keinginan kita bersama namun sudah menjadi kehendak Tuhan yang maha kuasa, atas nama pribadi dan pemerintah provinsi, saya menyampaikan turut berbelasungkawa, semoga keluarga korban diberikan ketabahan,” ujarnya.

Gubernur juga meminta kepada aparat keamanan, untuk segera mendata jumlah korban tragedi di wilayah tambang emas Bakan.

“Saya minta aparat segera memverifikasi seluruh korban tambang bakan, sehingga yang belum dapat, bisa secepatnya terealisasi,” ujar Gubernur.

Selain itu, Gubernur juga berjanji, akan memberikan beasiswa hingga SI (Stara 1) bagi anak-anak korban, yang akan diberikan lewat program beasiswa Sitou Timou Tumou Tou.

Tak hanya kepada para korban Tambang Bakan, pada kesempatan itu Gubernur juga menyerahkan bantuan kepada 3 panti asuhan yakni Panti Asuhan Al-Huda, Panti Asuhan Ar-Rahman dan Yayasan Mogoguyang Mototabian, masing-masing menerima Rp 15 juta.

(Tio)