Penutupan Festival Teluk Tomini 2019 Berlangsung Meriah

0
301

BOLSEL,DETOTABUAN.COM – Festival Teluk Tomini (FTT) 2019, dengan Tema Wonderfull Harmony Heritage and marine (H2M), yang digelar Pemkab Bolsel melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) resmi ditutup Senin (18/3) tadi malam.

Penutupan diawali dengan laporan Panitia yang disampaikan oleh Sekretaris Disparbud Bolsel Rillya Kalsum Gobel, MSi, yang dilanjutkan dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang Lomba, sambutan Pembina Bolsel Fishing Club Hi. Herson Mayulu, SIP dan ditutup oleh Bupati Bolsel, Iskandar Kamaru, SPt.

Hi. Herson Mayulu saat memberikan sambutan di acara penutupan FTT 2019.

Dalam laporannya, Rillya menyampaikan, bahwa kegiatan FTT 2019 yang berlangsung selama 7 hari terhitung mulai tanggal 12 hingga 17 Maret 2019, berhasil menggelar berbagai ivent, diantaranya pameran pembangunan yang diikuti oleh 14 Dinas dan 19 UKM, Turnamen Mancing yang diikuti oleh dua warga negara asing, 80 peserta dari luar Sulut serta 18 peserta dari Sulut.

Selain itu, ada juga modifikasi Vespa antik yang diikuti oleh 81 peserta, modivikasi Motor Tua 52 peserta, Bolsel Fashion Karnaval diikuti oleh 20 peserta, lomba mancing Tradisional diikuti oleh 20 peserta, lomba Katinting 10 peserta  dan Lomba Dayung yang diikuti oleh 9 peserta.

“Kegiatan ini sangat berdampak pada promosi daerah yang lebih luas, semoga bolsel akan lebih dikenal sebagai wisata bahari yang mempesona,” ujarnya.

Selain itu kata dia, kegiatan Ini juga telah memberikan dampak positif pada industri pariwisata di Bolsel, diantaranya bagi penyedia jasa Hotel, Rumah Makan dan Home Industri lainnya dengan kenaikan pendapatan rata rata 60 hingga 70 persen selama pelaksanaan kegiatan.

“Kami berharap kegiatan ini terus berkelanjutan sehingga dapat menambah gairah industri kecil di Kabupaten Bolsel,” pungkasnya.

Karnaval Budaya

Sementara itu, Pembina Bolsel Fishing Club (BFC) yang juga mantan Bupati Bolsel 2 periode Hi. Herson Mayulu mengungkapkan, sebenarnya, ide dilaksanakannya Festival Teluk Tomini ini, lahir karena adanya keinginan untuk memperkenalkan dan memajukan Bolsel.

“Alhmadullilah, karena daerah ini dikarunia alam yang bagus, pantai yang begitu panjang dan luas, maka potensi itu kita manfaatkan,” ujarnya saat menyampaikan sambutan.

Disisi lain ia bersyukur, karena lomba Fishing Turnamen tahun ini banyak diminati oleh peserta dari luar sulawesi bahkan dari manca negara, yang secara tidak langsung turut mempromosikan kabupaten bolsel.

“Ini perlu dipertahankan, diharapkan kegiatan FTT ini mampu memberikan dampak positif bagi kemajuan kabupaten Bolsel kedepan,” sebutnya.

Pada kesempatan itu, Herson juga mengucapkan terima kasih kepada semua club mancing lokal, luar Sulawesi dan Mancanegara yang telah memenuhi undangan panitia Fishing De Tomini 2019.

Ia berharap, kedepan FTT ini akan dilaksanakan lagi dengan ivent yang sama tetapi dengan peningkatan pemingkatan di berbagai aspek perlombaan.

Bupati Bolsel Iskandar Kamaru, SPt memberikan apreasiasi kepada semua pihak yang telah membantu, sehingga kegiatan ini berjalan dengan sukses.

Modivikasi Vespa Antik

Kedepan kata dia, pelaksanaan FTT akan kembali digelar dengan berbagai kegiatan yang lebih variatif, diantaranya pagelaran seni dan budaya yang lebih besar, serta berbagai lomba yang tentu akan lebih menarik minat masyarakat untuk datang ke kabupaten Bolsel.

Diketahui, usai penutupan, ribuan masyarakat dan undangan yang hadir kemudian dihibur dengan penampilan Grup Band Basgilano, yang menambah kemeriahan penutupan FTT 2019.

(Tr-01)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.