Bupati Resmikan Dua Gedung Puskesmas Rawat Inap di Dumoga Bersatu

0
462
Bupati saat meresmikan Gedung Rawat Inap di UPTD Puskesmas Doloduo

ADVERTORIAL

Bupati Bolmong Dra. Hj. Yasti Soepredjo Mokoagow, Jumat (12/4) tadi meresmikan dua Gedung Puskesmas Rawat Inap masing-masing di UPTD. Puskesmas Doloduo, Kecamatan Dumoga Barat dan Gedung Rawat Inap di UPTD. Puskesmas Pusian Kecamatan Dumoga.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan Prasasti dilanjutkan dengan Gunting pita dan peninjauan fasilitas Gedung oleh Bupati didampingi instansi terkait.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bolmong dr. Sahara Albugis, mengatakan, bahwa Puskesmas Doloduo saat ini memiliki 1 Dokter Umum PNS, Perawat 11 orang, Bidan 8 orang, bagian Sanitasi 3 orang, Perawat Gigi 2 orang dan tenaga lainnya 6 orang dengan jumlah keseluruhan 31 orang.

Bupati saat memberikan sambutan sebelum peresmian Gedung Rawat Inap UPTD Puskesmas Pusian

“Saat ini puskesmas Doloduo sudah melayani kurang lebih 4.544 KK di 12 Desa. Tahun 2017 lalu, Puskesmas Doloduo sudah terakreditasi Madya,” terang Sahara, saat peresmian di Gedung Rawat Inap di UPTD. Puskesmas Doloduo.

Lebih lanjut kata Sahara, di tahun 2018 kemarin, Puskesmas Doloduo juga mendapatkan penghargaan dari Kemenkes RI sebagai Puskesmas berprestasi tingkat nasional kawasan pedesaan. Selain itu, Kepala Puskesmas Doloduo, Pak Muhafid, juga menjadi Juara Kesling teladan tingkat Provinsi Sulut.

Sementara untuk UPTD Puskesmas Pusian, saat ini memiliki 1 orang tenaga Dokter PTT Daerah, tenaga Perawat 13 orang, Bidan 3 orang, Kesling 6 orang, dengan jumlah totol tenaga medis 22 orang.

Saat ini kata Sahara, Puskesmas Pusian melayani 12 desa, dengan jumlah kunjungan perhari rata-rata sebanyak 30 pasien umum dan 25 pasien BPJS.

Bupati menandatangani Prasasti, sebagai tanda diresmikannya Gedung Rawat Inap UPTD Puskesmas Doloduo

“Tahun ini Puskesmas Pusian juga telah mengikuti proses akreditasi, saya berharap mendapatkan hasil yang maksimal, minimal terakreditasi Madya,” pungkasnya.

Bupati, dalam sambutannya mengatakan, bahwa pembangunan 2 Gedung Puskesmas Rawat Inap ini, bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) APBN Tahun Anggaran 2018, dari Kementerian Kesehatan RI, yang Tekhnis pelaksanaannya diserahkan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Bolmong.

“Pembangunan 2 Puskesmas ini, juga merupakan Visi Misi saya dan Pak Yanny, pada saat mencalonkan lalu khusus di bidang kesehatan, yang menitikberatkan pada bidang pelayanan. Kami menginginkan bagaimana semua kecamatan di Bolmong memiliki Puskesmas rawat inap, tujuannya tak lain adalah untuk melaksanakan tugas pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Bupati meninjau gedung usai peresmian gedung rawat inap di UPTDPuskesmas Doloduo

Menurut Bupati, dengan diresmikannya dua Gedung rawat inap ini, berarti Kabupaten Bolmong sudah memiliki 8 Puskesmas Rawat inap, ditambah 1 lagi yang akan diresmikan Senin pekan depan yaitu Puskesmas Pangian yang terletak di Kecamatan Passi Timur sehingga total Puskesmas Rawat Inap di Bolmong menjadi 9 buah.

“Untuk ijinnya saat ini sedang berproses di Kemenkes RI, tahun ini kita akan bangun 2 lagi Puskesmas rawat inap, tahun depan direncanakan 4 Puskesmas, dan terakhir tahun 2021 ada 2 Puskesmas lagi yang akan kita bangun, Insha Allah semuanya akan tuntas di periode kami, sehingga semua kecamatan di Bolmong memiliki Puskesmas rawat inap,” terangnya.

Bupati juga berjanji akan menambah jumlah tenaga dokter di 2 Puskesmas tersebut, karena saat ini masing-masing Puskesmas itu baru memiliki 1 tenaga dokter. “Idealnya 2 tapi akan lebih bagus lagi jika ada 3 tenaga dokter di tiap Puskesmas,” kata Bupati.

Pada kesempatan itu, Bupati juga meminta, petugas medis untuk dapat memberikan pelayanan prima, kepada masyarakat tanpa memandang suku, agama ras dan golongan serta status status sosial lainnya, sehingga pelayanan kesehatan dapat dirasakan langsung manfaatnya.

Foto bersama dengan Tim Medis UPTD Puskesmas Doloduo

Selain itu lanjut Bupati, untuk tetap memelihara dan menjaga apa yang sudah berhasil dibangun, karena lebih murah menjaga dan merawat bangunan gedung daripada membangun kembali gedung yang baru.

“Mari kita dukung berbagai program pemerintah baik itu program pemerintah pusat maupun daerah sehingga terwujud bolmong Cerdas, Hebat dan maju,” harap Bupati.

Diakhir sambutan, Bupati meminta masyarakat yang ada di Kabupaten Bolmong khusus yang ada di Dumoga Bersatu untuk ikut mensukseskan Pemilu yang tinggal beberapa hari lagi dilaksanakan.

Foto bersama dengan tenaga kesehatan di UPTD Puskesmas Pusian

“Mari kita sukseskan pesta demokrasi dengan menciptakan suasana yang aman, damai dan kondusif, dan tetap gunakan hak pilih dengan sebaik baiknya serta jangan Golput karena pilihan kita di 17 April mendatang, sangat menentukan masa depan daerah tercinta ini,” pungkasnya.

Hadir mendampingi Bupati dalam peresmian tersebut diantaranya, Jajaran pejabat tinggi pratama, administrator dan pelaksana, Anggota DPRD Bolmong, Unsur Forkopimda serta sejumlah Camat dan Sangadi di wilayah Dumoga Bersatu.

(ADVE/Tio)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.