Hadiri Perayaan Dharma Shanti, Yasti Apresiasi Kerukunan Umat Hindu di Dumoga Raya

0
209

BOLMONG,DETOTABUAN.COM – Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Dra, Hj. Yasti Soepredjo Mokoagow, Jumat (05/4) kemarin menghadiri Perayaan Dharma Santi Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1941, yang diselenggarakan oleh Parisade Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Bolmong.

Acara yang dilaksanakan di Lapangan Hijau Desa Werdhi Agung Kecamatan Dumoga Tengah, diawali dengan pembacaan Seloka/Ayat-ayat suci yang dilanjutkan dengan hikmah Dharma Santi yang dibawakan tokoh agama Hindu setempat.

Sementara itu, Bupati dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada pengurus Parisade Hindu Dharma Kabupaten Bolmong yang mampu menunjukkan toleransi dan kerukunan antar umat beragama di daerah ini.

“Semoga dengan rangkaian catur brata penyepian ini, saudaraku umat hindu lebih meningkatkan nilai-nilai spiritual dan keimanannya kepada tuhan yang maha kuasa, Ida Sang Hyang Widi Wase, sehingga dapat menjalani kehidupan hari ini dan selanjutnya dengan baik,” ujarnya.

Selain itu, melalui momentum hari ini, diharapkan dapat lebih meningkatkan nilai nilai keimanan, sekaligus mempererat rasa kekeluargaan dan persatuan antar sesama umat beragama melalui pelaksanaan Tri Kerukunan Umat Beragama, yakni kerukunan antar umat beragama, kerukunan interen umat beragama serta kerukunan antar umat beragama dengan pemerintah.

“Saya juga mengajak saudaraku Umat Hindu, untuk tetap mendukung dan mensukseskan berbagai program pemerintah, baik itu program dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, serta mensukseskan pesta demokrasi yang tinggal beberapa hari lagi, dengan menciptakan suasana yang kondusif, dan tetap gunakan hak pilih dengan sebaik-baiknya serta jangan Golput. Karena pilihan kita di tanggal 17 april nanti, akan berpengaruh terhadap masa depan daerah tercinta ini,” kata Bupati mengakhiri.

Sementara itu, Ketua PHDI Kabupaten Bolmong, I Nyoman Sukra, SP. M.Si dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Bupati Bolaang Mongondow karena walaupun disibukkan dengan agenda yang begitu padat, masih sempat meluangkan waktu untuk hadir dalam acara Perayaan Dharma Santi Tahun Baru Saka 1941 bersama-sama dengan masyarakat Hindu di Kabupaten Bolmong.

“Ibu Bupati adalah sosok yang sangat peduli dengan masyarakat Hindu di Kabupaten Bolaang Mongondow, karena setiap hajatan yang dilaksanakan oleh masyarakat Hindu, tetap meluangkan waktu untuk hadir dan bersama-sama dengan kami,” sebutnya.

Pada kesempatan itu. I Nyoman juga memberikan apresiasi atas kebijakan Bupati yang telah memberikan insentif kepada pemuka agama Hindu se Bolmong.

“Bentuk kepedulian dan perhatian dari Bupati Bolaang Mongondow, para pemuka agama Hindu yaitu Pandita dan Pinandita se-Kabupaten bolaang Mongondow sejak tahun 2018 lalu hingga sekarang ini telah menerima insentif yang dianggarkan melalui APBD dan dibayarkan setiap bulannya dengan sistem pembayaran Non-Tunai,” ujarnya.

Diketahui, turut hadir dalam Perayaan Dharma Santi Tahun Baru Saka Tahun 1941 yaitu Anggota DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Bapak I Made Fuarinta, Pembimbing Masyarakat Hindu Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulut, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Dumoga Tengah, Para Calon Anggota Legislatif Provinsi Sulut dan Kabupaten Bolaang Mongondow, ASN yang beragama Hindu se-Kabupaten Bolaang Mongondow, Masyarakat Hindu di Kabupaten Bolaang Mongondow serta Tim Kerja Bagian TUP, Humas dan Protokol Setda Kabupaten Bolaang Mongondow.

(Tio)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.