Dinkes Bolsel Gelar Penguatan PIS-PK dan Evaluasi Penggunaan Dana BOK Puskemas

0
96

BOLSEL,DETOTABUAN.COM – Dinas Kesehatan (Dinkes) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) melaksanakan kegiatan penguatan tentang program prioritas Nasional PIS-PK (Program Indonesia Sehat Pendekatan Keluarga) dan Evaluasi Penggunaan Dana Bantuan Oprasional Kesehatan (BOK) Puskesmas, yang dilaksanakan di Hotel Sutan Raja Kotamobagu, Kamis (23/05/2019).

Dalam kegiatan ini juga para peserta mendapatkan materi dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang dibawakan oleh Dr. Lidya E Tulus, M,Kes yang merupakan Kepala bidang pelayanan Kesehatan Dinkes Sulut dan Niki Wahyuni, SKM bagian Pengelola DAK non Fisik Provinsi Sulut.

Dalam kesempatan ini Kepala Seksi (Kasie) SDMK Dinkes Bolsel Seska Badu, mengatakan bawha kegiatan ini untuk penguatan program prioritas Nasional PIS-PK.

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk penguatan tentang program prioritas nasional PIS-PK untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan cara pendataan/pelayanan kepada seluruh masyarakat yang ada diwilayah kerja puskesmas masing-masing,” ujar Seska.

Lanjutnya, tujuan dari Program PIS-PK ini juga untuk mengetahui status derajat Kesehatan Masyarakat di suatu daerah, Khsusunya Kabupaten Bolsel.

“Untuk Kabupaten Bolsel sendiri sudah tujuh puskesmas yang dilatih petugasnya tentang cara pendataan program PIS-PK ini, diantaranya Puskesmas Molibagu, Pinolosian, Duminanga, Milangodaa, Momalia, Adow dan Dumagin, dan sisa satu puskes lagi menunggu pemanggilan dari Bapelkes untuk pelatihan selanjutnya,” ujarnya lagi.

Dalam kegiatan ini juga setiap Kepala Puskesmas melakukan pemaparan terkait pelaksanaan PIS-PK diwilayah Masing-masing.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.