DPMD Segera Bentuk Panitia Pilsang Tingkat Kabupaten

0
258
Ahmad Yani Damopolii

BOLMONG,DETOTABUAN.COM – Pemilihan Sangadi (Pilsang) di 105 Desa se Kabupaten Bolmong rencananya akan digelar bulan oktober mendatang, namun tahapan pelaksanaan sudah mulai berjalan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Ahmad Yani Damopolii mengatakan, saat ini pihaknya sedang dalam persiapan pembentukan Panitia Pilsang Kabupaten.

“Usai pembentukan Panitia Kabupaten, yang terdiri dari Assisten I, DPMD dan Dinas Terkait,  kemudian dilakukan sosialisasi untuk pembentukan panitia tingkat Kecamatan dan Desa,” ujar Yani, Senin (6/5) tadi.

Menariknya, kalau sebelumnya calon Sangadi atau Kepala Desa harus berdomisili minimal 12 bulan di desa yang dimaksud, namun mulai tahun ini, aturan tersebut tidak berlaku lagi.

“Calon dari luar Desa atau luar Daerah bisa, namun ketika terpilih dia harus membuat surat pernyataan siap tinggal di desa tersebut selama menjabat,” terangnya.

Selain itu kata Yani, syarat pelaksanaan Pilsang minimal memiliki 2 calon dan maksimal 5.

“Kalau pesertanya hanya 1, maka dilakukan perpanjangan pendaftaran sampai memenuhi syarat minimal 2. Namun kalau pesertanya lebih dari lima maka kita lakukan tes/seleksi,” pungkasnya.

(Tio)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.