Harga Bumbu Dapur di Kotamobagu Melonjak

0
75

KOTAMOBAGU,DETOTABUAN.COM–Jelang Ramadhan, harga sejumlah Bumbu dapur, khususnya Cabai Merah, Bawang Putih dan Bawang Merah, mengalami kenaikan.

Kenaikan harga ini dipicu pasokan yang menurun akibat faktor cuaca hujan yang terjadi beberapa minggu terakhir.

Pantauan media ini Kamis (02/05) di pasar 23 maret Kotamobagu, cabai merah yang semulanya hanya dikisaran Rp 40 ribu, kini menembus Rp 100 ribu perkilo, sedangkan bawang merah perkilonya Rp 50 ribu, sementara bawang putih harga perkilonya mencapai Rp 60 ribu.

Wasia Sabir salah satu pedagang barito di pasar 23 maret mengaku, kenaikan harga ini terjadi sejak beberapa hari terakhir.

” Kenaikan harga bawang merah dan bawang putih itu terjadi pasca pemilu kemarin, sedangkan cabai merah naik pada minggu ini, bahkan 2 hari yang lalu sampai tembus Rp 120 ribu perkilo,” ungkapnya

Menurutnya Kenaikan harga Ini
disebabkan pasokan yang kurang karena faktor cuaca.” Kalau hujan seperti ini stok yang masuk kurang, sehingga memang harganya pun kita naikan” ucapnya.

Sekretaris Dinas Perdagangan Kotamobagu Edo Mopobela, mengakui
adanya kenaikan tersebut, menurutnya
tanggal 25-26 April lalu, sudah dilakukan operasi pasar/pengawasan terhadap perkembangan harga sembako bersama instansi terkait.

” Dan memang bawang merah serta bawang putih perlahan mulai naik menjelang bulan Ramadhan, tapi untuk komoditas lain seperti daun bawang dan tomat masih normal, yakni tomat Rp 7 ribu perkilo dan daun bawang Rp 15 ribu perbal,” ujarnya.

(Ridel)