Yasti: Opini TMP Bukan Masalah Kinerja ASN, Jangan Patah Semangat

0
390
Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow. (Foto: Indra S. S. Ketangrejo)

BOLMONG,DETOTABUAN.COM— Pasca menerima opini Tidak Memberikan Pendapat (TMP), atas pengelolaan keuangan di Kabupaten Bolmong tahun 2018, dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sulawesi Uta, Senin (27/5).

Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow, meminta Aparatur Sipil Negaraa (ASN) di lingkup Pemkab Bolmong, agar tidak patah semangat dan tetap menjaga motivasi kerjanya yang sudah membaik.

“Permasalahan yang menyebabkan Pemda masih mendapat opini TMP, bukan pada masalah kinerja tahun 2018 kemarin. Tetapi masalah bawaan tahun-tahun sebelumnya,” ungkap Yasti.

Menurutnya, aplikasi Simda BMD Pemda Bolmong sampai saat ini masih bermasalah, semua hasil penelusuran aset yang telah dilakukan ketika diinput di Simda masih mengalami gangguan. Untuk itu saat ini Simda BMD kita masih dalam perbaikan pihak BPKP.

“Selain Simda BMD, masih banyak aset pemda yang keberadaannya tidak ada pada saat pemeriksaan BPK RI. Dengan nilai sekitar 83 Lebih, barang inventaris tersebut berdasrkan hasil penelusuran, masih banyak yang dikuasai oleh mantan pejabat sebelumnya yang daftar namanya nanti akan di publish secara lengkap oleh pemda melalui media pasca lebaran,” tegasnya.

Dia menambahkan, terdapat beberapa aset daerah pemekaran yang masih tercatat di Simda Bolmong karena pada saat penyerahan aset pasca pemekaran tidak disertai dengan berita acara daftar aset yang diserahkan.

“Terdapat pencatatan aset tetap pada tahun 2012 dampai dengan 2015 senilai kurang lebih 134 Milyar lebih tidak dikavitalisasi  ke aset induknya. Rinciannya sudah ada, tapi mengalami gangguan ketika dilakukan penginputan,” bebernya.

Tak hanya itu, lanjutnya terdapat pencatatan aset tetap tahun 2012 sampai 2015 senilai 205 Milyar lebih masih dicatat secara gelondongan, atau masalah ini sebenarnya telah diurai tapi begitu diinput ke sistim aplikasi simda BMD, aplikasi tersebut langsung eror, ini yg smentara diperbaiki BPKP.

“Saya harapkan semua ASN tetap menjaga motivasi kerja, jangan terpengaruh dengan wacana yang berkembang. Saya tahu masalahnya bukan dari kalian tapi dari mereka sebelum kalian, justru kalianlah yang saat ini bersusah payah ingin membenahi carut marut di Bolmong. Mengucapkan Terima kasih kepada seluruh ASN atas Kinerjanya ditahun 2018 kemarin,” ucapnya. (Ind)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.