Bolsel Sukses Jadi Tuan Rumah BBGRM ke-XVI Tingkat Provinsi Sulut

0
136

BOLSEL,DETOTABUAN.CO – Puncak acara pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong (BBGRM) ke-XVI tingkat Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2019, yang dipusatkan di Alun Alun Lapangan Gelora Molibagu, Kabupaten Bolsel, sukses digelar.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE, turut dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulut Ir. Rita Maya Dondokambey Tumuntuan, Ketua DMI Sulut Hi. Herson Mayulu, SIP, sejumlah Kepala daerah dan pimpinan DPRD Kabupaten Kota se-Sulut, unsur Forkopimda, jajaran pejabat, ASN dan masyarakat Bolsel.

Bupati Bolsel Iskandar Kamaru, dalam sambutannya, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Sulut, yang sudah memberikan kesempatan kepada kabupaten Bolsel menjadi penyelenggara BBGRM ke XVI tingkat Provinsi Sulut.

“Atas nama masyarakat Bolsel, saya mngucapkan terima kasih khususnya kepada Gubernur Sulut, yang telah mempercayakan Kabupaten Bolsel sebagai tuan rumah pelaksanaan kegiatan ini,” ujar Bupati.

Pada kesempatan itu, Bupati juga menyampaikan berbagai capaian pemkab Bolsel, dalam mengimplementasikan program Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK) yang telah menjadi salah satu program Gubernur dan wakil Gubernur Sulut.

“Di bidang sosial dan agama Pemkab Bolsel telah melaksanakan program subuh berjamaah bagi seluruh ASN, melakukan pemotongan zakat penghasilan sebesar 2,5 persen untuk fakir miskin, memberikan santunan serta biaya pendidikan bagi anak anak kurang mampu, penertiban administrasi kependudukan, memberikan 5000 sertifikat gratis kepada masyarakat yang anggarannya dialokasikan dari APBD Bolsel sebesar 1,4 miliar,” ujar Bupati.

Sementara di bidang kesehatan, Kabupaten Bolsel berhasil memperoleh penghargaan Universal at Overage, mengcover tenaga harian lepas menjadi peserta JKN, KIS dan peserta Jaminan sosial ketenagakerjaan, memperbaiki jalan desa dan fasilitas publik lewat dana desa melalui program padat karya tunai, membangun 435 unit RTLH serta pembangunan jamban bagi masyarakat tidak mampu.

“Target kami tahun 2021 mendatang, tidak ada lagi masyarakat Bolsel, yang tidak memiliki jamban,” pungkasnya.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey, SE mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada Bupati Bolsel bersama jajaran serta semua pihak, yang telah bekerja keras serta berkontribusi penuh dalam memprakarsai kegiatan yang bernilai penting, strategis dan konstruktif ini.

“Gotong royong adalah kekuatan, modal sosial dan jiwa bangsa yang sejak dahulu secara turun temurun telah ada ditengah masyarakat, sehingga menjadi tanggung jawab kita semua untuk menjaga, memelihara, melestarikan dan mengembangkan nilai nilai gotong royong yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat sebagai bagian dari sistem nilai budaya bangsa, secara berdaya guna dan berhasil guna,” sebutnya.

Kegiatan ini harus dimaknai bukan hanya sebagai slogan, kata kata atau bahkan jargon, namun harus diaktualisasikan dalam kehidupan sehari hari dalam sebuah tindakan nyata, mengingat kehidupan sekarang makin kompetitif dan individualistis.

“Mengingat kegiatan ini dari, oleh dan untuk masyarakat, maka saya mengajak keterlibatan seluruh elemen masyarakat baik TP PKK, karang taruna, RT/RW lingkungan dan lembaga lembaga yang ada di Desa untuk bersatu padu secara bersama, berpartisipasi dan berkontribusi aktif dalam kegiatan BBGRM ini, agar mencapai sasaran yang diinginkan bersama,” ujar Gubernur.

Diketahui, kegiatan ini juga dirangkaikan dengan penyerahan berbagai bantuan dari Pemprov Sulut kepada Masyarakat diantaranya 340 Unit RTLH dengan total Rp 5.9 miliar, bantuan pertanian, peternakan dan perikanan, kelompok UKM serta berbagai bantuan lainnya.

(ADVE/Tio)