Bupati Bolsel Hadiri Acara Adat Moloopu di Kecamatan Tomini

0
165

BOLSEL,DETOTABUAN.COM – Bupati Bolsel Iskandar Kamaru Senin (24/6/2019) tadi menghadiri acara adat Moloopu (Pisah Sambut) Camat Tomini yang dilaksanakan di Desa Milangoda’a, Kecamatan Tomini.

Kegiatan yang dirangkaikan dengan hari ulang tahun (HUT) ke-3 Kecamatan Tomini, serta Halal Bi Halal 1440 Hijriah, turut dihadiri Wakil Bupati (Wabup) Deddy Abdul Hamid, Ketua LPTQ Sulut Haji Herson Mayulu, Sekda Bolsel dan jajaran pejabat Bolsel, unsur Forkopimda, Tokoh agama, tokoh masyarakat dan para undangan.

Herson Mayulu yang dipercayakan memberikan Tauziah, mengucap syukur, atas terselenggaranya acara pisah sambut Adat Moloopu.

“Alhamdulillah kita bisa berkumpul di Kecamatan Tomini dalam acara molopu dan HUT yang ke tiga Kecamagtan Tomini,” ujar Herson.

Pada Moment tersebut, Herson juga menceritakan asal-usul Kecamatan Tomini, dilanjutkan arti makna dari Halal Bi Halal umat Muslim.

“Melalui kegiatan ini kita bisa saling memaafkan antar sesama, kita saling mempererat tali silaturahim, dalam rangka mewujudkan pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Bolsel,” ujar H2M yang juga merupakan mantan Bupati Bolsel dua periode itu.

Ia juga berharap melalui momentum ini, bisa menjalin tali silaturahmi antar sesama umat beragama.

“Agar masyarakat di Bolsel tidak saling menaruh dendam dan saling menjatuhkan antar sesama, ” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Bolsel Iskandar Kamaru S.Pt dalam sambutannya, mengucap syukur karena rahmat Tuhan, atas terselenggaranya kegiatan molopu Camat Tomini.

“Meski baru berusia tiga tahun, Kecamatan Tomini sudah mampu bersaing dengan kecamatan yang lain,” ujar Bupati.

Lanjut Bupati berprestasi ini, pergantian camat itu merupakan hal yang biasa dalam pemerintahan.

“Bapak Suprin Mohulangio (mantan Camat Tomini) merupakan aset Bolsel yang sangat dibanggakan,” ujar Bupati kemudian mengucapkan selamat kepada Camat yang baru yaitu Fice Nur.

Bupati juga menyampaikan berbagi hal tentang pembangunan di Biolsel, diantaranya ada pembangunan pembuatan pasar dan tanggul pantai.

“Selanjutnya Pemkab Bolsel dalam waktu dekat ini, akan melaksanakan pembangunan pasar dan tanggul pantai,” pungkas Bupati.

 

(Tio/Adve)

 

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.