13 Kelompok Budidaya Ikan di Kotamobagu Segera Terima Bantuan

0
78

KOTAMOBAGU,DETOTABUAN.COM–13 Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) yang ada di Kotamobagu segera menerima bantuan Ikan Patin dan Nila dari Kemetrian Kelautan dan Perikanan RI.

“Bantuan Ikan patin untuk Delapan Pokdakan dan ikan nila bagi Lima Pokdakan. Bantuan ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementrian Kelautan dan Perikanan,” ungkap Kepala Bidang Perikanan Dispertanak Kotamobagu Anto Mamonto, Selasa (16/07/2019).

Menurut Anto, proses penyaluran bantuan ikan akan berlangsung pada Agusutus mendatang. Sedangkan untuk pencairan dana pengadaan ikan dipastikan tanggal 21 Juli pekan depan.

“Prosesnya sekarang sedang dalam pengimputan ke Kementrian, jika semua sudah maka akan dicairkan 21 Juli mendatang. Nah, untuk Kotamobagu, semuanya sudah di input tinggal tunggu proses pencairannya untuk pengadaan bibit ikan nilan dan patin,” ujarnya

Namun lanjut Anto, pencairannya melalui tiga tahap, sehingga proses penyaluran bantuannya pun kepada Pokdatan juga harus menyesuaikan.

“Jadi tahap pertama itu 25 persen, tahap kedua 35 persen dan sisanya tahap ketiga. Nah untuk tahap pertama itu pengadaan ikannya dulu kemudian kesiapan kolam dan ada sebagian makanan,” pungkasnya

(*ridel)