38 Peserta Beasiswa ke China, Diuji Langsung Dosen dari China

0
157
Kepala Disdik Bolmong Renti Mokoginta. (Foto: Indra S. S. Ketangrejo)

BOLMONG,DETOTABUAN.COM— Berjumlah 38 peserta yang lolos seleksi awal beasiswa ke Cina akan menjalani tes lanjutan di PT Conch North Sulawesi Cement (CNSC). Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Renti Mokoginta.

Menurutnya, puluhan putra-putri asal Bolmong itu, akan diuji dan diwawancarai oleh dosen yang dikirim langsung dari China. “Ya, informasi dari PT Conch, dosen yang akan menguji nanti didatangkan langsung dari China,” ungkapnya, Selasa (23/7).

Ditambahkan, mereka akan diuji awal bulan depan, di ruang yang akan disediakan oleh PT Conch Bolmong. “Dijadwalkan tanggal 7 dan 8 Agustus bulan depan,” katanya.

Menurutnya, dari data awal peserta berjumlah 33 orang, namun ada penambahan waktu pendaftaran sehingga bertambah menjadi 38 peserta. Dia mengimbau para pemuda Bolmong ini untuk mempersiapkan diri dengan baik.

Diketahui Pemkab Bolmong bersama PT CONCH membuka pendaftaran bagi putera puteri Bolmong yang ingin melanjutkan pendidikan di Cina melalui program beasiswa Study Abroad University In China.

Program studi yang dibuka adalah D3 dan S1. Dengan demikian, terbuka kesempatan bagi anak anak petani dan nelayan di Bolmong untuk menuntut ilmu di negeri tirai bambu yang telah menjadi kekuatan ekonomi kedua di dunia.

Sebelumnya, Sekda Bolmong Tahlis Gallang mengatakan, biaya pendidikan ditanggung sepenuhnya oleh PT CONCH dan Pemkab Bolmong. “Ini adalah kesempatan besar bagi putra putri Bolmong, saya harap masyarakat bisa memanfaatkan kesempatan tersebut,” katanya.

Tahlis menyebut hal ini sebagai lompatan besar. Itu tak lepas dari upaya keras Bupati Bolmong Yasti Soepredjo untuk memajukan dunia pendidikan Bolmong. (Ind)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.