Pemkab Bolmong dan Unsrat Komit Bangun Kerja Sama

0
282

ADVETORIAL

BOLMONG,DETOTABUAN.COM— Kerja sama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) dan Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado berlanjut.

Hal itu dibuktikan dengan penandatanganan kerja sama oleh Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow dan Rektor Unsrat Manado Ellen Joan Kumaat, Jumat 19 Juli 2019, di rumah dinas Bupati Bolmong di Lolak, disaksikan para Asisten Rektor Unsrat, serta sejumlah Dekan Unsrat.

Isi kerja sama itu, Unsrat Manado melaksanakan beberapa kegiatan, seperti bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat serta peningkatan sumber daya manusia.

Bupati Yasti sangat mengsuport kerja sama dengan pihak Unsrat ini. Menurutnya, atas dukungan kerja sama ini, pihaknya akan menyiapkan dana dalam rangka menunjang kegiatan penilitian.

“Iya, Pemkab Bolmong terus mendukung kerja sama ini. Tentu meski APBD Bolmong kecil, akan diupayakan penyiapkan dana untuk penelitian,” ungkap Yasti.

Pantauan Detotabuan.com, rombongan Unsrat Manado, dipimpin langsung Rektor Unsrat Manado Elen Joan Kumaat, untuk sama-sama menyaksikan penandatanganan MoU. Diketahui, 250 orang ikut dalam rombongan, dalam kegiatan yang dirangkaikan dengan Dies Natalis ke 58 tahun 2019 selama dua hari di Kabupaten Bolmong.

Rektor Unsrat Ellen, juga menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Bolmong atas suport kepada pihak Unsrat. Apalagi, saat ini kata dia Bolmong telah menjadi tuan rumah Kuliah Kerja Terpadu (KKT) dan kegiatan Dies Natalies Unsrat.

“Mengucakan banyak terimakasi kepada Bupati dan masyarakat Bolmong. Kedatangan kami di Bolmong kurang lebih ada 250 orang. Termasuk tiga wakil rektor dan 10 Dekan fakultas, yang tersebar di Fakultas yang ada di Unsrat Manado,” ucapnya.

Sekadar diketahui, kedatangan para tim dosen Unsrat Manadi ini ke Bolmong dalam rangka memberikan pelayanan kemasyarakatan. Mulai dari pelatihan mitigasi kebencanaan, penyuluhan pertanian ketahanan pangan, penyuluhan pengelolaan limbah pertanian, pelatihan pertanian Holticuluturakopi arabika.

Tak hanya itu, juga penyuhan bahasa asing pariwisata dan metode penyusunan sejarah desa dan adminsistrasi pemerintahan, penyuluhan hukum, dan penyluluhan pengelolaan pertanggungjawaban dana desa serta pelayanan kesehatan. Pelayanan kemasyarakatan itu di gelar di sejumlah wilayah yang tersebar di Kabupaten Bolmong.  (Ind/Adve)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.