Tingkatkan Pelayanan, Pemkab Gelar Seminar Master Plan Pengembangan E-Goverment

0
99

BOLMONG,DETOTABUAN.COM— Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow, melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menggelar Seminar Laporan Antara Penyusunan Master Plan Pengembangan E- Goverment.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Parman Ginano, digelar Kamis (25/7), di Ruang Rapat Dinas Kominfo Bolmong.

Menurut Parman, E-government intinya adalah proses pemanfaatan teknologi informasi, sebagai alat untuk membantu menjalankan sistem pemerintahan secara lebih efisien.

“Termasuk di dalamnya ada dua hal utama dalam E-government yaitu penggunaan Teknologi Informasi sebagai alat bantu dan pemanfaatannya menjadikan pelayanan pemerintahan berjalan lebih efisien,” ungkap Parman

Dia menambahkan, manfaat dari pelaksanaan E-government di antaranya pegawai  bisa bekerja lebih efisiensi, efektif, transparan, sehingga mampu membangkitkan partisipatif masyarakat dalam pembangunan daerah, serta membangkitkan inovasi baru dalam memberikan layanan pada masyarakat.

“Pengelolaan teknologi informasi yang baik, memerlukan perencanaan strategis pengembangan teknologi informasi sehingga pola investasi dan pengembangan sistem yang akan dilakukan berjalan sesuai dengan tahapan-tahapan yang telah ditentukan sebelumnya,” tambahnya.

Sementara itu, narasumber dari Konsultan FGD PT Waditra selaku Team Leader Abdullah Fajar, mengatakan Frame Smart Goverment untuk mendukung pengambilan dan pengolahan setiap kejadian, pertukaran dan analisis informasi diantara muka dan interoperabilitas dan mendukung integrasi dari teknologi yang digunakan saat ini.

“Perlunya integrasi Smart Goverment disebabkan data tersebar di setiap OPD, informasi yang relevan harus diubah dari data yang berkualitas baik, setiap OPD menggunakan aplikasi yang berbeda, Format struktur data bervariasi serta Pihak eksekutif membutuhkan informasi yang relevan untuk mendukung pengambilan keputusan,” jelas Fajar.

Sekadar diketahui, pelaksanaan FGD dilaksanakan dua kali dan dibuka sesi dialog antara pemateri dan peserta, serta dihadiri perwakilan OPD lingkup Pemkab Bolmong. (Ind)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.