Rangkaian Kegiatan HUT RI ke-74 Pemkab Bolmong Berlangsung Sukses

0
166

ADVETORIAL

BOLMONG,DETOTABUAN.COM— Rangkaian kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) bertema, “SDM Unggul, Indonesia Maju” oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong), sukses digelar.

Kegiatan penyambutan yang dimaksud di antaranya mulai dari lomba-lomba bertemakan HUT ke-74 RI selama sepekan, Dikukuhkannya Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Bolmong, Kamis (15/8) oleh Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow.

Setelah itu, pada Jumat (16/8) digelar Sidang Paripurna Istimewa DPRD Bolmong beragendakan mendengarkan pidato kenegaraan Presiden RI Joko Widodo, yang juga dihadiri Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow, Wakil Bupati Yanny R. Tuuk, Sekretaris Daerah Tahlis Gallang, dan sejumlah asisten dan pejabat lingkup Pemkab Bolmong.

Sore harinya, dilakukan pemindahan duplikat bendera merah putih untuk siap dikibarkan, berlanjut pada malamnya digelar pawai obor, yang dipimpin Wabup Yanny R Tuuk.

Puncaknya, pada Sabtu (17/8), digelar upacara bendera HUT ke-74 RI, di lapangan Kantor Bupati Bolmong di Lolak. Berlangsung dengan khidmat, Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow bertindak sebagai inspektur upacara.

Tak ada hambatan dalam pelaksanaan upacara itu, dimulai tepat pukul 10.00 Wita, ditandai dengan bunyi sirine diiringi dentuman meriam, momen Detik-Detik Proklamasi terkesan sangat sakral.

Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling bertindak sebagai pembaca naskah Proklamasi Kemerdekaan RI, ditutup dengan pembacaan doa oleh Kepala Kemenag Bolmong Tavip Pakaya.

Memaknai kemerdekaan Indonesia yang sudah menginjak usia 74 tahun, Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow berpesan agar terus mengenang jasa-jasa pahlawan bangsa, sekaligus menjaga semangat juang dan sikap rela berkorban yang ditunjukkan dalam memperjuangkan kemerdekaan negara Republik Indonesia.

“Tingkatkan nilai-nilai emansipatoris atau semangat patriotisme, dalam menangkal berbagai ancaman dinamika global yang bergulir secara dinamis di era saat ini,” kata Yasti.

Selain itu, menjadi kewajiban sebagai generasi penerus bangsa, untuk terus mengisi kemerdekaan dengan upaya-upaya konstruktif dan inovatif di segala bidang pembangunan.
Kegiatan puncak HUT ke-74 RI, berakhir dengan upacara penurunan bendera dipimpin Wakil Bupati Yanny Ronny Tuuk, dan ditutup dengan resepsi kenegaraan di rumah dinas Bupati Bolmong di Lolak di malam harinya.

Diketahui juga, Paskibraka Bolmong angkatan 2019, sukses bertugas menaikkan dan menurunkan bendera yang menjadi tugas perdana mereka pasca dikukuhkan. (Ind/Adve)