Antisipasi Kekeringan, Dispertanak Kotamobagu Usulkan Pompa Air

0
26

KOTAMOBAGU,DETOTABUAN.COM– Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak), mengusulkan alat pemompa air untuk mengantisipasi musim kemarau yang melanda Kotamobagu saat ini.

Kepala Dispertanak Kotamobagu, Muljadi Surotenojo, mengatakan musim kemarau seperti sekarang ini harus menyiapkan alat pompa air.

“Memang hasil panen para petani belum ada dampaknya saat ini, namun menyiapkan alat pompa air sudah harus dilakukan. Sebab, jangan sampai area persawahan di Kotamobagu mengalami kekeringan atau sulit mendapatkan suplai air,” kata Muljadi kepada awak media belum lama ini.

Lanjut, kata Muljadi, karena itu pihaknya sedang mengusulkan alat tersebut untuk menyuplai air ke lahan persawahan seluas 103 hektar.

“Ada sembilan alat pompa air kita akan usulkan. Kenapa sembilan alat ? Sebab nantinya ada sembilan kelompok tani sawah juga yang akan menerima pompa air itu,” jelasnya.

Untuk saat ini dokumen usulan sedang disiapkan, “ini berdasarkan pertemuan dengan Dinas Pertanian Provinsi Sulut, kemudian mereka minta kita usulkan alat tersebut,” tuturnya.

(*ridel)